Hindari Makanan Ini Agar Anda Terhindar Dari Kolesterol Tinggi!
Ferrell Sahlah Anfasyah
10 January 2023

Kita tentu harus memperhatikan makanan-makanan yang masuk ke tubuh kita agar nutrisi tubuh dapat terpenuhi dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi suatu makanan.


Agar terhindar dari berbagai penyakit, kita harus mengontrol asupan yang masuk ke tubuh kita sejak dini. Tidak heran, biasanya sejak kecil seseorang akan selalu diawasi oleh orang tuanya agar asupan yang masuk ke tubuh kita berupa makanan sehat. Hal ini seharusnya berlaku sampai kita beranjak tua, yakni tetap menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar kesehatan tetap terjaga, termasuk memperhatikan asupan kolesterol yang masuk kita konsumsi setiap harinya.

Tanpa kita sadari beberapa makanan ternyata mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga akan lebih baik jika kita dapat menghindarinya. Dengan begitu, Anda akan tercegah dari risiko kolesterol. Berikut adalah makanan yang harus dihindari karena mengandung kolesterol tinggi.

Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, nugget, dan bakso masuk dalam sumber kolesterol jahat karena memiliki natrium dan lemak jenuh yang tinggi. Apabila mengkonsumsi daging olahan secara berlebihan maka lama-lama akan menyumbat pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit stroke atau jantung.

Gorengan

Gorengan atau makanan yang digoreng apalagi dengan minyak yang dipakai berulang kali ternyata juga dapat memicu tingginya kolesterol. Oleh karena itu, Anda dapat mengurangi konsumsi makanan yang digoreng ataupun mengganti minyak yang digunakan dengan minyak yang lebih sehat.

Olahan Susu

Olahan susu seperti mentega dan keju dapat memicu kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebagai alternatifnya, Anda dapat mengkonsumsi susu yang terbuat dari bahan nabati, seperti susu kedelai atau susu almond. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi yogurt. Walaupun sebagai salah satu produk olahan susu, namun yogurt ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah

Daftar makanan di atas yang sebaiknya dihindari agar tercegah dari risiko kolesterol. Sebenarnya, makanan di atas aman saja untuk dikonsumsi selama dalam batas wajar. Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam memilih dan menakar makanan yang akan Anda konsumsi.