Share
Hindari Kebiasaan Yang Membuat Warna Bibir Terlihat Gelap
Vina Meliana
17 February 2022

Bibir yang cerah mencerminkan bibir sehat dan terawat. Namun, apabila kamu mengalami perubahan warna bibir kearah yang lebih gelap, maka tidak usah khawatir. Berikut kebiasaan yang perlu dihindari karena dapat membuat warna bibir terlihat lebih gelap.


Kafein terlalu banyak

Walaupun kafein memiliki manfaat baik seperti untuk membuat tubuh untuk lebih tenang dan meningkatkan fokus. Namun, kandungan kafein juga berdampak pada perubahan warna bibir juga. Jika Anda mempunyai kebiasaan dalam mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti contohnya kopi. Maka Anda harus memperhatikan kondisi warna bibir Anda.

Pemicu perubahan warna bibir diawali dengan tubuh yang dehidrasi dan berujung membuat bibir kering yang mengakibatkan perubahan warna bibir sehingga menjadi lebih gelap.

Kebiasaan Merokok

Selain berdampak pada kesehatan, kebiasan merokok juga akan berpengaruh pada warna bibir. Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan warna bibir terlihat gelap. Pemicunya adalah pada zat nikotin dan benzopyrene yang dapat menempel dan membuat bibir terlihat gelap.

Selain itu merokok juga dapat berdampak pada matinya sel kulit yang ada pada bibir. Maka dari itu hindari kebiasaan merokok supaya bibir dapat terlihat lebih sehat dan cerah.

Penggunaan Lipstik Yang Rutin

Penggunaan lipstik setiap hari juga dapat membuat bibir terlihat gelap. Hal tersebut dipicu dari kandungan kimia yang ada pada lipstik yang mengakibatkan munculnya sel kulit mati yang ada pada bibir. Maka dari itu kurangi penggunaan lipstik dan ganti dengan lipbalm yang berwarna supaya kondisi bibir kembali sehat.

Tentunya perubahan warna bibir yang gelap akibat dari kebiasaan buruk tersebut dapat diatasi dan kembali ke warna bibir yang semula dengan melakukan perawatan rutin, seperti menggunakan scrub khusus bibir. Penggunaan scrub dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat mengembalikan warna bibir kembali sehat dan cerah.