Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Hindari Hubungan Toxic Dengan Menetapkan Batasan. Ini Caranya!

Relationship03 December 2021

By Rambu Moara

Hindari Hubungan Toxic Dengan Menetapkan Batasan. Ini Caranya!

Siapapun pasti sering menemui kesulitan saat berurusan dengan orang toxic. Pahami keadaan dan coba atur batasan dengan beberapa cara berikut.


Bukan hal yang mudah untuk melepaskan diri dari lingkungan maupun hubungan yang toxic. Beberapa karakteristik orang yang toxic dapat dilihat dari tingginya sifat manipulatif, suka menghakimi, tidak merasa bersalah, bahkan tidak konsisten. Semakin intens berinteraksi dengan orang yang toxic, akan memperparah kondisi pikiran Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan karena berurusan dengan orang-yang toxic, pertimbangan untuk berada di lingkungan yang sama dengan mereka. Selain itu, Anda bisa coba dengan menetapkan batasan tertentu agar mereka tersebut tidak melewatinya dan menyakiti Anda. Berikut beberapa cara menetapkan batasan;

- Ketahui apa yang Anda butuhkan dalam hubungan tersebut. Anda harus memprioritaskan diri dan kebutuhan Anda, alih-alih menyiksa diri berada di lingkungan yang membuat Anda tidak nyaman.

- Temukan cara untuk menetapkan batasan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dan coba komunikasikan dengan orang tersebut. Dengan berkompromi secara perlahan (meminta pengertian) dapat membuat Anda dan orang tersebut menyesuaikan diri sesuai kesepaktan.

- Batasi waktu bertemu agar dapat menjernihkan pikiran. terkadang , cara tepat untuk melindungi diri adalah dengan membatasi waktu dan pertemuan dengan orang-orang toxic. Dengan terlepas dari mereka, semakin banyak waktu bagi Anda memperhatikan kondisi pikiran.

- Jangan langsung berekspektasi tinggi terhadap perubahan karena semuanya berjalan dengan bertahap. Dalam berproses menjadi lebih baik, seseorang membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan perubahan. Sehingga ada baiknya untuk memberi waktu dan tidak berekspektasi tinggi pada perubahan sifat seseorang.

- Jika beberapa cara tersebut tidak berhasil dalam hubungan toxic yang Anda jalani, sebaiknya Anda perlu mengevaluasi kembali hubungan tersebut dan ambil tindakan yang tepat untuk ke depan.