Highlight New York Fashion Week Spring/Summer 2022 Hari Pertama dan Kedua

Fashion10 September 2021

By Adelia Ayu

Highlight New York Fashion Week Spring/Summer 2022 Hari Pertama dan Kedua

Dari desain penuh print karya Badgley Mischka, clean lines Proenza Schouler hingga debut runway brand fashion lokal bergaya streetwear, New York Fashion Week 2022 membawa semangat kehidupan post-lockdown life di tiap koleksinya.


Dengan protokol kesehatan ketat, New York Fashion Week (NYFW) kembali digelar di Spring Studios, 50 Varick Street dengan total partisipasi 91 desainer fashion. Event tahunan ini menghadirkan konsep live dan digital runway yang berbeda dengan tahun lalu dimana NYFW digelar dengan format full digital dikarenakan kota New York masih dilanda pandemi COVID-19 dan mayoritas penonton belum tervaksinasi.

Berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 September mendatang, New York Fashion Week 2022 mengadakan rangkaian acara menarik seperti shop-a-thon di samping runway show. Menampilkan beragam koleksi fashion penuh warna dengan bold pattern, NYFW 2022 menampilkan esensi semangat post-pandemic life di tiap piecesnya.

Badgley Mischka

Meski NYFW 2020 sudah dapat diadakan dengan format live, Badgley Mischka memilih format pre-recorded digital untuk shownya. Melalui womenswear linesnya, brand asal New York ini menghadirkan semangat musim semi melalui warna jingga, biru dan netral yang dipadukan dengan motif binatang seperti kupu-kupu dan salamander. Koleksi Badgley Mischkla di NYFW 2022 didominasi dress berwarna dengan aksen pleated frocks dan tassel.

Tadashi Shoji

Brand fashion asal Jepang, Tadashi Shoji menampilkan koleksi bertema 20’s ala “The Great Gatsby” dengan sentuhan modern melalui show digitalnya. Menampilkan cinched dress berwarna netral seperti beige dan hitam, Shoji menambahkan jewelry dan tekhnik cut-outs yang dipermanis dengan sentuhan glamor dari lace trimmings dan sequined fringes pada koleksinya.

Proenza Schouler

Didominasi clean lines, warna berani dan permainan bahan, Proenza Schouler menampilkan semangat kehidupan post-pandemic di koleksinya. Terinspirasi dari Pulau Kauai di Hawaii, Direktur Kreatif Jack McCollough dan Lazaro Hernandez menampilkan guratan warna secara eksplisit dan halus pada viscose cut-out dress dan satin shirt. Runway Proenza Schouler di NYFW tahun ini menampilkan Gigi Hadid dan Ella Emhoff, putri Wakil Presiden AS, Kamala Harris.

Prabal Gurung

Merayakan perempuan Amerika, desainer berdarah Nepal, Prabal Gurung menghadirkan koleksi beraksen feminin dengan blazer bermotif petal, multicolored feathers dan wrap miniskirt. Mengadakan show dengan view Patung Liberty yang menjadi simbol kebebasan, Prabal memasukan unsur diversity dan optimisme bagi perempuan di rangkaian koleksi NYFW 2022nya. Show ini juga dihadiri oleh Gubernur perempuan pertama New York, Kathy Hochul yang resmi menjabat pada Agustus 2021 lalu.

Erigo X

Menjadi satu-satunya brand asal Indonesia yang tampil di NYFW 2022, Erigo X menampilkan gaya streetwear khasnya dengan konsep gender-neutral. Brand milik Muhammad Sadad ini menampilkan essential pieces streetwear seperti coach jacket, windbreaker, cargo dan training pants yang dilengkapi aksen tali, puff dan cut-out statement pieces berwarna jingga, fuschia dan hijau neon.