Share
Hengkang dari Givenchy, Ini Warisan Clare Waight Keller Selaku Direktur Artistik Selama 3 Tahun
Larasati Oetomo
16 April 2020

Pada Hari Jumat Agung lalu (10/04), Clare Waight Keller mengumumkan akhir karirnya sebagai direktur kreatif dari Givenchy.


Keller memutuskan untuk hengkang dari rumah mode Prancis tersebut setelah sekitar 3 tahun memimpin proses desain di balik lusinan koleksi Givenchy, termasuk womenswear, menswear, dan haute couture. Desainer kelahiran Birmingham ini masih merahasiakan rencana masa depannya, walaupun ia berujar kepada British Vogue bahwa ia akan segera kembali.

Setelah melanjutkan tongkat estafet dari Riccardo Tisci pada tahun 2017, Clare Waight Keller telah mencetak berbagai karya dan prestasi yang membanggakan untuk Givenchy. Apa saja?

#1 Gaun Pengantin Duchess of Sussex

Sebagai sahabat dan desainer favorit dari Duchess of Sussex, Keller dipilih untuk mendesain gaun yang dikenakan Meghan Markle saat pemberkatan pada Mei 2018. Ia sendiri berdiri tepat di belakang sang pengantin wanita ketika ia menaiki tangga kapel St George bersama Pangeran Harry.

#2 Kembalinya Givenchy ke Panggung Couture

Givenchy merupakan salah satu rumah mode bersejarah yang telah menghiasi berbagai karya sinema termasuk penampilan ikonik Audrey Hepburn pada Breakfast at Tiffany’s. Direktur kreatif perempuan pertama dari Givenchy ini menghidupkan kembali Givenchy setelah mati suri 8 tahun dari panggung couture.

#3 Desainer Perempuan dalam Daftar TIME 100

Pada tahun 2019, Keller disebut sebagai salah satu dari 100 figur paling berpengaruh dunia versi majalah TIME. Nominasi ini dituliskan oleh aktris kawakan Julianne Moore. Pada tahun sebelumnya, ia juga memenangkan British Designer of The Year pada British Fashion Awards.

#4 Ekspresi Eksentrik

Meskipun secara finansial Givenchy belum dapat membalap kompetitor seperti Dior dan Gucci, Clare Waight Keller dikenal dengan sentuhan unik pada karyanya, membedakannya dari gaya komersial pada umumnya. Koleksi F/W 2020 yang baru saja dirilis Maret lalu boleh jadi adalah koleksi Ready-To-Wear terbaiknya sejauh ini.