Hadirkan Sisi Sensual Chanel Era 90’an, Virginie Viard ‘Hidupkan Kembali’ Karl Lagerfeld di Runway

Fashion07 October 2021

By Adelia Ayu

Hadirkan Sisi Sensual Chanel Era 90’an, Virginie Viard ‘Hidupkan Kembali’ Karl Lagerfeld di Runway

Menghadirkan salah satu momen bersejarah fashion show yang dibuat Karl Lagerfeld di tahun 90’an, Virginie Viard hidupkan kembali esensi fun dan seksi a la Chanel yang sempat menghilang beberapa waktu lalu.


Berbeda dengan kesan haute couture dan elegan yang selalu ditampilkan di setiap fashion show berkonsep uniknya, Chanel menghidupkan kembali sisi fun dan sensual mereka di tahun 80 dan 90’an melalui underwear ikonik dan koreografi runway interaktif. Tidak hanya koleksi dan koreografi yang berbeda, runway Chanel kali ini juga tidak diadakan di venue reguler Grand Palais dan mengambil lokasi sementara di Les Invalides, Paris.

Tidak hanya sekedar berjalan di catwalk, para model juga berinteraksi dengan fotografer yang diletakan dekat di sisi runway melalui senyuman dan twirl movement. Hal lain yang juga berbeda adalah kembalinya pieces ikonik Chanel dari runway Spring 1993 seperti briefs, swimsuits dan sport bra yang menjadi salah satu momen bersejarah brand ini di bawah arahan mendiang Direktur Kreatif, Karl Lagerfeld di era tersebut.

Tertarik dengan konsep runway di tahun 80’an, Direktur Kreatif Chanel, Virginie Viard menghidupkan kembali hal tersebut melalui aksesories berbentuk botol parfum Chanel No.5 dan flared Louis heels, suara flashbubs di panggung dan playlist lagu klasik 80 dan 90’an. Konsep ikonik juga ditampilkan underwear layering, crocheted effects, modifikasi bahan tweed khas Chanel dan outerwear beraksen pola kaca mosaik dengan mengadaptasi tekhnik modifikasi ala Karl Lagerfeld.

Selain pieces bernuansa sensual, Viard juga menghadirkan summer vibes melalui modified 1960’s dress berhiaskan sequin hitam, printed chiffon pieces dan charcoal denim. Sisi klasik Chanel juga dihadirkan melalui cardigan suit klasik, two-toned blazer yang menampilkan proposisi tailoring yang sempurna.

Fashion show ditutup dengan kehadiran fotografer ternama, Inez and Vinoodh di panggung yang sibuk mengcapture para model yang tersenyum di runway seperti era 80’an. Chanel Spring 2022 Ready-To-Wear show juga dihadiri selebriti dan model seperti Jennie Blackpink, Lily Rose-Depp, Alma Jodorowsky dan Kristen Stewart.