Hadirkan Beragam Kegiatan Menarik, Pameran Jagantara Ajak Generasi Muda Lestarikan Warisan Budaya
Dewi Anggriani Siregar
04 August 2022

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan sejuta keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa.


Salah satu dari kekayaan itu adalah keragaman budaya yang patut untuk dijaga dan dilestarikan bersama, mengingat perkembangan jaman dan teknologi menyebabkan tergerusnya berbagai unsur budaya yang perlahan mulai tergantikan oleh budaya luar.

WBI (Warisan Budaya Indonesia) Foundation melalui acara Jagantara (Jaga Warisan Nusantara) berupaya untuk dapat melestarikan, melindungi, mengembangkan serta menghidupkan kembali warisan budaya Indonesia, salah satunya melalui tangan-tangan generasi muda yang memegang peranan penting dalam melestarikan budaya bangsa.

Acara yang digelar di UG Ashta Mall District 8 ini berlangsung sejak 29 Juli 2022 hingga 21 Agustus 2022 dan menghadirkan berbagai bidang kegiatan, mulai dari wastra nusantara, kuliner, sinema, kerajinan dan interior serta berbagai kegiatan bertemakan Anak Muda lainnya ini.

“Kami mengajak generasi muda untuk sama-sama ikut melestarikan budaya Indonesia, mulai dari seni, wastra Nusantara, hingga kuliner. Sebisa mungkin, kemanapun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita,” ungkap Founder sekaligus Ketua Umum WBI Foundation, Yanti Airlangga.

Dalam acara Jagantara ini, terdapat pula aneka produk fashion, kerajinan tangan yang terbuat dari kain-kain tradisional khas Indonesia, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan dan selera semua kalangan. Terdapat juga sebuah instalasi pohon raksasa yang berhiaskan kain-kain indah dan menarik dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, Chairwoman of MNC Group, Liliana Tanoesoedibjo, mengungkapkan apresiasi dan harapannya terhadap kelestarian budaya Indonesia di tangan anak-anak bangsa.

“Saya bersyukur bisa menjadi salah satu founder di sini. Karena kita melihat bahwa warisan budaya Indonesia ini perlu dijaga. Kita di sini lintas umur, dari yang tua sampai yang muda, dan kita merasa bahwa ini adalah saatnya anak-anak muda generasi penerus bangsa kita lebih aware dengan segala sesuatu. Kita lihat tadi ada wastra, kuliner, ada juga mainan-mainan anak, sampai resep-resep kuno. Hal itu menandakan bahwa kita memiliki warisan yang begitu luar biasa dan membanggakan. Jadi inilah saatnya kita bergandengan tangan untuk lebih peduli terhadap warisan budaya Indonesia,” ungkap Liliana Tanoesoedibjo yang juga merupakan salah satu Founder WBI Foundation.

Sejalan dengan hal tersebut Raffi Ahmad selaku salah satu founder juga turut mengingatkan agar masyarakat Indonesia bisa sama-sama menyuarakan dan mengajak generasi-generasi muda agar lebih peduli dan ikut menjaga warisan nusantara kita. “Bertepatan dengan hari kemerdekaan di bulan Agustus nanti, ini merupakan momen dan tempat yang pas untuk memperkenalkan warisan budaya kita, mengingat ini adalah daerah yang digandrungi oleh anak-anak muda. Supaya anak-anak zaman sekarang jangan cuma gaul dengan budaya barat saja.” tutupnya.