Share
Gigih Perjuangkan Green Energy Melalui DDF Program, ELPI Terima IDX Channel Anugerah ESG 2024
HighEnd Editorial
29 July 2024

Dianugerahkannya penghargaan dari IDX Channel ini tak lepas dari konsistensi ELPI dalam upaya menekan produksi emisi pada setiap aktivitas operasional Perseroan


PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) resmi menerima Piala Penghargaan Khusus dalam ajang IDX Channel Anugerah ESG 2024 untuk Kategori Sektor Transportasi dan Logistik.

Penghargaan diterima secara langsung oleh General Manager Corporate Technical ELPI, Sentono Fristian, dalam seremoni penyerahan penghargaan, yang digelar di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (25/7/2024).

"Tentu sebuah kebahagiaan dan kebanggan bagi kami bisa berkiprah di level nasional, terkait penerapan ESG. Hal ini sesuai dengan Convention Paris di 2015, di mana kami dari industri marine berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam upaya cut off gas dari efek rumah kaca," ujar Sentono, usai penerimaan penghargaan.

Menurut Sentono, dianugerahkannya penghargaan dari IDX Channel ini tak lepas dari konsistensi ELPI dalam upaya menekan produksi emisi pada setiap aktivitas operasional Perseroan.

Terkait upaya penerapan ESG sendiri, dikatakan Sentono, telah mulai diinisiasi ELPI sejak 2015, yaitu dengan senantiasa mencari energi alternatif yang lebih ramah lingkungan.

"Dan pada 2021, kami berkolaborasi dengan Pertamina Hulu Mahakam, berinovasi dengan membuat kapal diesel dual fuel, yaitu perpaduan gas dan solar. Melalui terobosan ini, selain menekan pemakaian bahan bakar fosil, secara OPEX (operational expenditure) juga bisa ditekan secara signifikan," ujar Sentono.

Selain itu, ELPI disebut Sentono juga berinovasi dengan menggabungkan beberapa fungsi kapal dalam satu unit vessel. Dengan demikian, setiap satu kapal bisa melayani beberapa project sekaligus, sehingga lebih efisien.

"Jadi beberapa fungsi kapal kita jadikan satu, sehingga efisiensi di setiap satu unit kapal kita jauh meningkat, karena per satu unit bisa melayani beberapa project sekaligus," ujar Sentono.

Sementara, terkait target ke depan, Sentono mengeklaim bahwa ELPI telah menyusun sebuah peta jalan (roadmap) terkait penerapan ESG di lingkup Perseroan hingga 2030 mendatang.

Dalam roadmap tersebut, manajemen ELPI telah menyusun berbagai program yang bakal dijalankan secara bertahap, mulai dari mendorong penggunaan kapal dual fuel, untuk selanjutnya beralih ke electric vessel, hybrid, hingga penggunaan kapal nir-awak yang pemakaian bahan bakarnya sepenuhnya menggunakan hidrogen.

"Saat ini kami masih dalam tahapan (penggunaan) kapal dual fuel. Kami berharap kapal prototipe dual fuel kami segera mendapat klasifikasi, mengantongi sertifikat, sehingga artinya kapal ini sudah layak untuk dioperasikan. Dua kementerian sudah melirik inovasi kami ini, yaitu Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan. Mereka tertarik karena (penggunaan kapal dual fuel) tentu akan sangat membantu dalam memangkas opex, dan pastinya lebih ramah lingkungan," tegas Sentono.

(Taufan Sukma)