Gaya Rumah Mediterania, Hunian Unik dengan Nuansa Hangat yang Mewah dan Elegan
Dewi Anggriani Siregar
24 August 2022

Perkembangan dunia arsitektur dari tahun ke tahun memang kian pesat dan inovatif. Berbagai gaya dan model serta interior hingga eksterior baru dikembangkan dan dapat membuat tampilan rumah idaman Anda menjadi lebih menawan.


Contohnya saja model rumah Mediterania. Gaya arsitektur rumah yang satu ini sebenarnya sudah dikenal dan diterapkan sejak jaman dahulu, Gaya arsitektur bangunan Mediterania pertama kali muncul di Yunani dan mulai banyak diterapkan di Indonesia sejak tahun 70-an.

Layaknya gaya rumah Skandinavia dan Japandi yang juga menjadi hits belakangan ini, rumah bergaya Meditarania ini juga bisa dijadikan salah satu opsi bagi Anda yang memiliki rumah atau bangunan dengan gaya arsitektur timeless yang tak akan lekang oleh waktu. Terutama bagi Anda yang menyukai desain yang memberikan kesan mewah dan megah.

Mediterania sendiri berasal dari kata Mediterania yang berarti laut tengah atau laut antara Eropa, serta Afrika yang beriklim cukup panas tapi memiliki hamparan laut yang indah. Identik dengan warna-warna earthy yang hangat, rumah bergaya Mediterania banyak dijumpai di negara-negara Mediterania seperti Italia, Spanyol, dan Portugal, Yunanim dan negara sekitar laut tengah lainnya.

Rumah bergaya mediterania ini memiliki beberapa karakter khas di antaranya adalah fasad rumah yang cenderung simetris dan besar dengan atap rumah melengkung dan tembok tebal, serta pintu dan jendela yang dilengkapi dengan hiasan atau ornamen. Penggunaan keramik dengan pola yang ramai dan furniture serta ornamen-ornamen.