Share
Gandeng Puluhan Galeri di Venue Baru, Gelaran Art Jakarta 2023 Jadi Edisi Paling Besar dan Meriah
Trisha Aulia
20 November 2023

Berlangsung 17-19 November 2023 di JIEXPO Kemayoran, Art Jakarta 2023 sukses menghipnotis pengunjung dengan pesona artistik ratusan karya seni menakjubkan dari 68 galeri Indonesia dan mancanegara.


Dalam tiga hari yang penuh semangat artistik, pekan seni rupa internasional Art Jakarta 2023 berhasil menciptakan pengalaman yang menginspirasi dan mendalam bagi pengunjungnya. Berlangsung mulai dari tanggal 17 hingga 19 November, acara ini merayakan nuansa baru di lokasi baru, JIEXPO Kemayoran, memikat para pencinta seni dengan pesonanya yang lebih besar.

Art Jakarta 1

Dengan venue barunya yang memiliki area seluas 10.000 m², Art Jakarta 2023 memamerkan peningkatan signifikan dalam ukuran. Perkembangan ini memberikan panggung yang lebih besar bagi total 68 galeri dari dalam dan luar negeri untuk menampilkan karya-karya terbaru dari seniman-seniman berbakat, menciptakan pemandangan seni yang memukau. Adapun galeri mancanegara yang hadir berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia. Gelaran Art Jakarta yang ketiga belas ini menjadi edisi dengan skala terbesar dan suasana paling meriah dibandingkan gelaran-gelaran sebelumnya.

Perkembangan ini membuktikan keterbukaan Art Jakarta terhadap perubahan dan adaptasi. Maulana Indraguna selaku CEO MRA Group pun menyatakan kebanggaannya akan hal ini, mengatakan, “Art Jakarta sebagai bagian dari MRA Media terus mengembangkan diri sebagai respons terhadap perkembangan dunia seni rupa Indonesia. Saya bangga Art Jakarta saat ini menjadi pekan seni rupa kontemporer internasional yang ditunggu-tunggu oleh semua kalangan. Semoga Art Jakarta bisa terus menjadi forum internasional bagi para pemangku kepentingan utama di Asia dan ikut melayani ekosistem seni di kawasan ini.”

Tahun ini, Art Jakarta mengusung beberapa segmen program menarik yang menciptakan pengalaman seni yang memikat dan mendalam bagi para pengunjung, termasuk SPOT sebagai platform instalasi seni khusus, PLAY by UOB Indonesia dengan area bermain anak-anak, SCENE sebagai segmen penggalangan dana untuk berbagai upaya, AJ TALK sebagai wadah para ahli berbagi pengalaman, dan GALLERY sebagai panggung eksibisi utama.

Adapun beberapa artis dan kreasinya yang menurut HighEnd Magazine patut mendapatkan apresiasi.

Nyoman Nuarta - Rush Hour II

Nyoman Nuarta Rush Hour

Lee Sangsoo - Parrot, Stretching Siamese Cat

Lee Sangsoo Parrot

Lee Sangsoo Siamese

IURUM - Live a week, A wound full of personality

IURUM Live A Week

IURUM A Wound Full of Personality

Eko Nugroho - Under The Tree

Eko Nugroho Under The Tree

Seontae Hwang - Space with Sunlight

Seontae Hwang Space With Sunlight

Jiang Wanlin - Shanshui Nostalgia I, Viridian Valley I

Jiang Wanlin Shanshui Nostalgia

Jiang Wanlin Viridian Valley

Park Jihyun - Thomson 6.1944 S 106.8229 E

Park Jihyun x TACO

MINI X Syaiful Garibaldi
MINI X GARIBALDI