Share
Gandeng 40 Galeri Seni, Art Moments Jakarta Edisi Kelima Siap Hadir dengan Sejumlah Kejutan
Dewi Anggriani Siregar
13 October 2022

Sebagai salah satu bursa seni terdepan di Indonesia yang diprakarsai oleh sejumlah kolektor seni Indonesia, Art Moments Jakarta kembali mempersembahkan karya seni yang melibatkan banyak seniman-seniman hebat melalui sejumlah program menarik dan tim yang profesional dan berpengalaman.


Art Moments Jakarta (AMJ) edisi kelima ini akan diselenggarakan di Jakarta pada 4-6 November mendatang di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Hall.

Pada Edisi pertama, Art Moments Jakarta dilangsungkan di Grand Ballroom yang sama sebelum berlanjut dengan format hibrida (menggabungkan acara daring dan luring dalam skala yang lebih kecil) untuk edisi kedua, ketiga, dan keempat akibat pandemi COVID-19. Pada edisi kelima-nya kali ini, Art Moments Jakarta akan mengusung tema “Continuance” yang mengandung arti “untuk melanjutkan adalah untuk berkembang, tidak untuk kehilangan kepedulian terhadap diri sendiri dan keadaan sekitar”.

“Setiap hari, dengan keyakinan dan pengetahuan, kita menyambut masa depan sama berharganya dengan masa lalu kita. Seni adalah teman. Ketika indah, ia membawa kegembiraan, namun kala membingungkan, mereka menuntut introspeksi. Kita adalah orang yang memiliki tekad untuk menjalani momen-momen saat ini. Perjalanan kita didorong oleh serangkaian harapan,” ujar Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director Art Moments Jakarta, mengenai tema bursa kali ini.

Sendy juga mengungkapkan berbagai kejutan-kejutan menarik lainnya. Art Moments Jakarta kelima ini bekerja sama dengan 40 galeri seni dan akan menampilkan instalasi ukuran raksasa dari seniman ternama I Made Wianta yang baru saja berpulang. Akan ada juga karya maestro kenamaan Indonesia, Affandi, serta karya seni dari seniman Handrio.

Selain itu, seniman lainnya yang juga diusung ialah, Miwa Komatsu, Andrey Ostashov, dan Nyoman Nuarta. Merayakan tren NFT yang menjamur di tengah pandemi, Art Moments Jakarta juga akan memberi panggung kepada beberapa pembuat seni digital, seperti Arya Mularama - Indonesia, Diela Maharanie - Indonesia, Tommy Chandra - Indonesia, Sarisa Kojima - Thailand, Marion Olmillo - Philippines, dan Hamlatul Arsy - Brunei.

Bekerja sama dengan Johnnie Walker: Scotch Whiskey Blue Label, Art Moments Jakarta akan menyediakan sebuah karya seni tiga dimensi bergambar Striding Man Johnnie Walker setinggi 50 sentimeter yang nantinya akan diolah oleh para seniman untuk menjadi sebuah karya seni baru. Hasilnya akan dipamerkan serta dijual melalui sistem lelang tertutup selama Art Moments Jakarta 2022 berlangsung. Selain itu, Art Moments Jakarta juga akan berkolaborasi dengan Women’s International Club (WIC) untuk mengumpulkan dana melalui lelang yang hasilnya didonasikan kepada program-program sosial WIC.

Art Moments Jakarta akan menampilkan sederet program seni publik menarik bersama sejumlah seniman seperti acara bincang-bincang seni dan NFT, seperti HANDRIO: Dari Abstrak Geometris Menuju Komposisi Musik, The Future of NFTs, dan Sometimes You Don’t Need to Speak to Be Heard: Art and Autism. Pagelaran kelima Art Moments Jakarta ini akan menampilkan ratusan karya seni persembahan lebih dari 35 galeri seni dunia. Art Moments Jakarta juga akan memberikan 18.000 karya seni NFT gratis dari Tezos kepada para pengunjung.

Anda dapat menyaksikan pameran seni ini dengan harga tiket Rp150.000 untuk one day pass atau Rp300.000 untuk VIP Pass (tiga hari) dengan kuota terbatas. Tiket dapat dibeli melalui fitur Lifestyle di BCA Mobile atau www.artmomentsjakarta.com. Pengunjung juga bisa mendapatkan diskon 20% untuk pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit BCA, Debit BCA dan juga untuk 100 orang pertama per komunitas dari rekan Komunitas Art Moments Jakarta.

Art Moments Jakarta juga bekerja sama dan disponsori oleh Bank Central Asia (BCA) Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Mall selaku sponsor utama dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Wonderful Indonesia.