Share
Fungsi Toner dalam Rangkaian Perawatan Kulit Wajah
Clara Enocensia
07 March 2022

Toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran dari wajah. Namun, toner atau water refiner ternyata tidak hanya untuk membersihkan kulit, tapi juga memiliki beragam fungsi lain bagi kesehatan kulit.


Salah satu produk perawatan wajah yang tidak boleh dilewatkan adalah toner. Umumnya, toner diartikan sebagai cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran pada wajah, terutama pada bagian pori-pori.

Namun, fungsi toner sebenarnya bukan hanya untuk membersihkan kulit wajah, melainkan juga mampu melembapkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, hingga menyeimbangkan pH pada kulit wajah.

Kegunaan toner pada kulit wajah dalam rangkaian perawatan wajah bergantung pada kandungan yang dimiliki toner yang kita pakai. Namun, ada beberapa fungsi umum toner bagi kulit wajah, mari simak ulasan berikut.

1. Mengangkat sisa kotoran


Toner membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih wajah.

2. Menghidrasi kulit

Saat menggunakan sabun pembersih, proses ini dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, menjadikannya kering dan gatal. Toner dapat membantu menjaga hidrasi kulit agar tetap lembap dan segar.

Fungsi toner wajah memberikan hidrasi pada kulit yang penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembaban dan penampilan yang lebih muda.

3. Perawatan kulit berjerawat

Toner dapat digunakan dalam rangkaian perawatan kulit berjerawat, terutama jerawat ringan yang disebabkan karena kotoran yang menumpuk di wajah. Beberapa kandungan yang dimiliki toner berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran di wajah hingga yang bersembunyi di dalam pori-pori.

Kulit wajah dan pori-pori yang bersih akan meminimalisasi timbulnya komedo dan jerawat akibat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran.