Share
Folklore: Grandma’s Kiss, Pergolakan Batin Seorang Ibu di Rumah Jompo
Listya Manopo
12 December 2021

Musim kedua dari serial horor antologi Folklore produksi HBO Asia sudah ditayangkan, dan episode dari Indonesia yang berjudul Grandma’s Kiss akan tayang pada 12 Desember 2021 di kanal HBO dan juga di aplikasi HBO Go.


Lydia Kandou berperan sebagai karakter utama yang bernama Marni, seorang ibu paruh baya yang baru saja dipindahkan ke rumah jompo oleh putrinya, Alexandra Gottardo, yang ingin memulai hidup baru dengan suaminya.

Disutradarai oleh Billy Christian, Grandma’s Kiss menceritakan pergolakan batin seorang Ibu yang merasa dibuang oleh anaknya. Di tempat tinggal yang baru ini, Marni tak hanya merasa kesepian, namun juga harus dihadapkan dengan situasi di mana ia dihadapkan pada situasi supernatural dengan makhluk halus yang berasal dari cerita rakyat Indonesia, tepatnya Sumatera Barat, yaitu palasik. Inggrid Wijanarko pun turut bermain dalam episode ini sebagai Linda, teman Marni di rumah jompo.

Dalam wawancara roundtable yang dilakukan dengan beberapa media, Lydia Kandou dan Inggrid Wijanarko mengakui bahwa mereka merasa bangga dapat turut terlibat dalam produksi internasional yang mengedepankan cerita asli Indonesia.


Folklore Season 2 terus menyelami segudang tradisi dan kepercayaan di Asia. Sejumlah kisah dari enam kawasan berbeda di Asia – Taiwan, Jepang, Thailand, Filipina, Indonesia dan Singapura, serial yang mengangkat kondisi manusia saat dihadapkan pada fenomena supernatural dalam pergumulan yang mencekam melawan dirinya sendiri, setiap kisah memberi pandangan dan perspektif berbeda.

Dimotori oleh pembuat film asal Singapura yang banyak mendapat penghargaan, Eric Khoo (“Ramen Teh”, “12 Storeys”), Folklore Season 2 juga menampilkan sejumlah pemeran dari berbagai wilayah Asia. Tiap episode melibatkan sutradara setempat, seperti Shih-Han Liao dari Taiwan, Seiko Matsuda dari Japan, Sittisiri Mongkolsiri dari Thailand, Erik Matti dari Philippine, dan Nicole Midori Woodford dari Singapore.