Tak Hanya Black Panther, Ini Daftar Film Terbaik Chadwick Boseman

Art & Culture31 August 2020

By Larasati Oetomo

Tak Hanya Black Panther, Ini Daftar Film Terbaik Chadwick Boseman

Mendiang Chadwick Boseman mencapai puncak popularitasnya sejak membintangi “Black Panther”, namun karir aktingnya tak hanya berhenti sampai di situ.


Diakui oleh aktor kelahiran Carolina Selatan ini bahwa peran T’Challa/Black Panther dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) merupakan momen terbaik dalam karir aktingnya. Tak hanya menyajikan hiburan kelas atas, Chadwick cs. berhasil mendobrak stereotip aktor kulit hitam di industri sinema Hollywood yang dipenuhi ras kulit putih.

Beberapa tahun sebelum ia mendapatkan peran tersebut, pasangan dari Taylor Simone Ledward ini acap membuktikan kapasitas perannya dengan berperan sebagai tokoh-tokoh kulit hitam bersejarah. Ia kemudian secara konsisten menunjukkan kualitas akting di atas rata-rata hingga pada dua film terakhir yang berhasil diselesaikannya, yaitu “Da 5 Blood” besutan sutradara Spike Lee dan “Ma Rainey’s Black Bottom” yang hingga saat ini masih menjalani proses pascaproduksi.

Bagi Anda yang baru ingin memulai menonton film-film Chadwick Boseman di luar “Black Panther”, “Captain America: Civil War” dan dua film “Avengers” lainnya, ini dia daftar film wajib tonton untuk mendalami karir akting Chadwick Boseman:

42 (2013)

Film biopik ini menceritakan kisah hidup legenda Major League Baseball bernomor punggung 42, Jackie Robinson. Jackie berjuang melawan tekanan rasisme di industri bisbol di AS pada periode pasca-Perang Dunia II. Film ini merupakan kali pertama Chadwick memerankan figur bersejarah dan menjadi batu pijakan sang aktor di mata pecinta film di seluruh dunia.

Marshall (2017)

Masih dalam genre biopik, kali ini Chadwick berperan sebagai Thurgood Marshall, hakim keturunan Afrika-Amerika pertama di Kejaksaan Agung AS. Film ini berfokus kepada awal karir Marshall di dunia hukum kala itu yang masih dipengaruhi budaya apartheid. Peter Travers untuk Rolling Stone memuji memuji penampilan Chadwick Boseman pada film ini.

21 Bridges (2019)

Bergeser ke genre action-thriller, Chadwick membuktikan kemampuan olah tubuhnya pada film “21 Bridges”. Ia berperan sebagai detektif New York (NYPD) pada film yang diproduseri ikon MCU Joe dan Anthony Russo. Chadwick memenangkan NAACP Image Awards kategori Outstanding Actor in a Motion Picture untuk perannya di film ini.

Da 5 Bloods (2020)

“Da 5 Bloods” merupakan film terakhir yang dirilis sebelum Chadwick wafat. Dipimpin sutradara kawakan Spike Lee, plot film ini berkisah seputar veteran Perang Vietnam yang memutuskan kembali ke tanah Vietnam untuk mencari sisa pemimpinnya yang tewas ketika perang. Film ini sarat akan persaudaraan dan budaya Afrika-Amerika dalam konsep nasionalisme.