Fakta Unik Tentang Kopi Dalgona Yang Sempat Viral Sebelumnya

Wine & Dine18 August 2021

By Venisa Ruth

Fakta Unik Tentang Kopi Dalgona Yang Sempat Viral Sebelumnya

Nama “DALGONA” sendiri diambil dari sebuah nama jajanan ringan di Korea Selatan yaitu Dalgona atau disebut Ppopgi dalam bahasa Korea.


Anda tentu pernah mendengar atau bahkan mencoba 'Dalgona Coffee'. Minuman yang sebelumnya sempat viral di Indonesia tahun kemarin. Namun belum banyak yang mengetahui sejarah dan beberapa fakta menarik mengenai kopi ini. Yuk simak artikel di bawah ini!

Dilansir dari Insider, Dalgona sebenarnya merupakan sebuah permen manis dengan tekstur menyerupai spons, yang populer pada tahun 1970-an. Kini makanan itu populer kembali dan menjadi makanan nostalgia masyarakat Korea Selatan.

Dalgona Coffee sendiri awal mulanya dipopulerkan dalam program tayangan televisi Korea yang berjudul 'Stars Top Recipe at Fun-Staurant' pada sebuah episode di Macao. Dalam program TV tersebut, artis Jung Il-woo mencoba untuk membuat Dalgona Coffee.

Dari program tersebut lalu banyak aktor Korea Selatan yang ikut mencoba membuat Dalgona Coffee dan mengabadikannya melalui aplikasi siaran langsung. Dari situlah banyak pengguna media sosial lain yang ikut mencoba untuk membuatnya dan mengabadikannya melalui media sosial.

Selain itu fakta lain dari Dalgona Coffee yang harus Anda ketahui adalah bahwa Dalgona Coffee juga berasal dari India, Pakistan, dan Macau. Di sana Dalgona Coffee dikenal dengan nama Phenti Hui Coffee. Proses pembuatannya juga sama, yaitu hanya dengan mencampurkan kopi, gula, dan sedikit air panas ke dalam cangkir. Lalu, dikocok sampai berbusa dan setelah itu Anda dapat menambahkan kocokan tersebut ke atas es susu.

Para penikmat kopi di India melihat bahwa Dalgona Coffee merupakan minuman yang sangat mirip dengan Phenti Hui atau Beaten Coffee. Namun dalam versi aslinya, kopi Phenti Hui tidak disajikan dalam susunan lapisan susu di bawah dan busa kopi di atas, melainkan susu dituangkan ke dalam busa kopi. Persis seperti ketika pertama kali Il-woo menyeruputnya di Makau.

Fakta menarik Dalgona Coffee yang terakhir yaitu tren kopi ini hadir bertepatan dengan munculnya bencana kemanusiaan atau pandemi. COVID-19 menjadi pandemi global yang mewajibkan masyarakat atau warga untuk tetap berdiam di rumah, demi memutus penyebaran virus ini. Keadaan ini tentu membuat membuat sebagian masyarakat menjadi bosan. Hal ini yang menyebabkan banyak masyarakat yang penasaran akan cara membuat Dalgona Coffee beserta rasanya sehingga kopi ini sempat menjadi viral.