Share
Efek Samping yang Perlu Anda Ketahui, Sebelum Membeli Skincare yang Mengandung Niacinamide
Clara Enocensia
10 January 2022

Terkenal dengan beragam manfaatnya bagi kecantikan, ternyata niacinamide memiliki efek samping bagi kulit yang perlu kita ketahui.


Salah satu kandungan produk skincare yang populer di dunia kecantikan adalah niacinamide. Bahan ini memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari memudarkan flek hitam hingga menghilangkan jerawat dan bekasnya yang sulit hilang.

Niacinamide dikenal juga sebagai nicotinamide, adalah salah satu zat turunan dari vitamin B3. Dalam dunia dermatologi, zat ini digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit, serta mengurangi gejala rosacea.

Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Senyawa ini juga dapat memperlambat proses perpindahan butir pigmen ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, fungsi lainnya dari niacinamide adalah untuk membantu pembentukan protein pada kulit dan memerangkap kelembapan di dalam sel-sel kulit. Dengan begitu, kulit senantiasa terhindar dari kerusakan karena lapisan pelindungnya tetap kuat.

Pada dasarnya, niacinamide bisa didapat dari daging, telur, susu, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Selain itu, niacinamide juga bisa ditemukan dalam suplemen vitamin B kompleks seperti B6, B9, dan B12.

Walaupun relatif aman, niacinamide untuk kulit tetap bisa menimbulkan efek samping sehingga harus digunakan sesuai anjuran. Maka dari itu, selalu ikuti instruksi yang tercantum dalam label kemasan produk atau arahan dokter spesialis kulit.

Pemakaian produk ini tidak boleh digabung dengan vitamin C, sebab keduanya bisa menghilangkan fungsi satu sama lain. Anda sebaiknya juga menunggu beberapa hari sebelum menggunakan eksfoliator seperti scrub, AHA dan BHA, atau lainnya karena kulit akan lebih tipis setelah eksfoliasi.