Share
Edukasi Perlindungan Data Dikemas dalam Cerita Jenaka “Don’t Know? Kasih No!” Bersama Indro Warkop
Dewi Anggriani Siregar
08 December 2023

Pencurian data pribadi masih menjadi salah satu momok yang paling menakutkan di kalangan masyarakat. Data pribadi terus menjadi target pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan yang dapat merugikan banyak orang.


Berangkat dari hal tersebut, sebagai bentuk komitmen dalam memperkuat edukasi dan kesadaran masyarakat tentang keamanan data dan pencegahan kejahatan siber, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan gerakan “Don’t Know? Kasih No!”, yang mengajak masyarakat untuk menentukan tindakan dan tegas untuk menolak ketika dihadapkan dengan segala sesuatu yang tidak jelas sumber atau kredibilitasnya. Menariknya, video edukasi kali ini menghadirkan komedian legendaris Indonesia yakni Indro Warkop. Video edukasi “Don’t Know? Kasih No!” ini disutradarai oleh Ica Lawendatu dan dibalut dalam cerita yang serius sekaligus jenaka.

Direktur BCA Santoso mengungkapkan, “Video edukasi ‘Don't Know? Kasih No!’ adalah gerakan BCA yang menekankan pentingnya kewaspadaan dalam menjaga keamanan data pribadi. Gerakan ini merupakan inisiatif kami terhadap meningkatnya kasus kejahatan lewat pencurian data dan penyebaran virus melalui aplikasi-aplikasi yang tidak resmi. Dengan menghadirkan Indro Warkop sebagai pemeran utama, kami berharap dapat menyajikan video edukasi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat dicerna dengan mudah oleh masyarakat, sehingga bisa meningkatkan awareness mereka dalam menolak segala hal yang tidak jelas sumber atau kredibilitasnya dan melindungi diri sendiri dari berbagai ancaman siber.”

Video edukasi "Don't Know? Kasih No!" mengajak masyarakat untuk mengadopsi sikap slow down & rethink, yaitu sikap tidak terburu-buru dan berpikir kritis ketika dihadapkan dengan modus penipuan. Video edukasi pendek ini menceritakan analogi bagaimana penipuan memiliki berbagai cara untuk mencuri data pribadi dan bagaimana masyarakat bisa melindungi dirinya dari penipuan dan pencurian data tersebut dengan menjadi bagian dari gerakan “Don’t Know? Kasih No!”.

Sebelumnya, sebagai bagian dari dari komitmen BCA dalam hal edukasi keamanan bagi nasabah, BCA juga telah menghadirkan seri video “Nurut Apa Kata Mama” yang berkolaborasi dengan Imajinari, produser Ernest Prakasa dan sutradara Muhadkly Acho sebagai langkah strategis untuk menyampaikan pesan edukatif. BCA juga memperkuat komitmennya dengan meluncurkan kampanye “Tolak dengan Anggun”. Video edukasi terbaru “Don’t Know? Kasih No!” ini akan tayang dan dapat ditonton mulai tanggal 8 Desember 2023 di kanal YouTube Solusi BCA.