Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Di Balik Keindahan dan Kecantikannya, Bunga Telang Simpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Wellness24 March 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Di Balik Keindahan dan Kecantikannya, Bunga Telang Simpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Berwarna biru khas, indah, dan menarik. Begitulah penampilan bunga yang satu ini. Sekilas yang terlihat mungkin bunga ini hanyalah tanaman hias biasa, namun siapa sangka bahwa ternyata bunga uang memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Untuk meperoleh manfaat bunga telang secara optimal, Anda dapat mengolah bunga telang dan menyeduhnya seperti teh. Teh dari bunga telang ini biasa disebut blue tea. Berikut beberapa manfaat teh bunga telang yang baik untuk kesehatan.

Mengandung Antioksidan

Para ilmuwan dari penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menyimpulkan bahwa sumber antioksidan pada bunga telang dihasilkan oleh ekstrak metanol di dalamnya. Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

Menangkan Suasana Hati


Kandungan asam palmitat yang ada dalam bunga telang dapat menjadi antidepresan alami dan memiliki efek penghilang stress, gejala kecemasan serta depresi.

Menyembuhkan Luka


Ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Meringankan Diabetes


Diuji dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science” yang menunjukkan hasil bahwa aktivitas anti-diabetes karena secara signifikan menurunkan kadar glukosa serum.

Menyehatkan Jantung


Teh bunga telang yang kaya akan antioksidan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.