Share
Desainer Amanda Hartanto Rayakan Hari Batik Nasional Dengan Tajuk “The 5 Senses of Batik”
Nariswari Kirana Hayu
14 October 2024

Merayakan Hari Batik Nasional, Amanda Hartanto mempersembahkan koleksi terbaru dengan acara bertajuk “The 5 Senses of Batik” yang memiliki makna mendalam dan multisensori.


Tanggal 2 Oktober 2024 merupakan perayaan Hari Batik Nasional sebagai momen untuk melestarikan kekayaan warisan budaya Indonesia. Batik tidak hanya menjadi salah satu kekayaan budaya, namun juga sebagai media ungkapan seni dan identitas bangsa bagi Tanah Air. Dalam perayaan Hari Batik Nasional tahun ini, Amanda Hartanto sebagai seorang desainer tekstil merayakannya dengan mempersembahkan koleksi terbarunya melalui instalasi bertajuk “The 5 Senses of Batik”.

Sebagai seorang yang telah berkarya lebih dari sepuluh tahun, Amanda Hartanto Batik (AHB) terus mengembangkan performa dan koleksi-koleksinya sesuai dengan perkembangan zaman. “Batik bukan hanya sekedar kain, makna dan filosofi yang terdapat di setiap helai kain batik merupakan keindahan yang patut dibanggakan. Batik tidak hanya bisa dilihat tetapi juga bisa dirasakan. Proses pembuatannya yang rumit juga menjadi salah satu bentuk keindahan dari batik itu sendiri.” ujar Amanda.

AHB 1

Koleksi “The 5 Senses of Batik” pada kali ini mempersembahkan empat motif batik yang memukau dan menggambarkan kebahagiaan melalui desain bunga yang dibalut dengan warna-warna cerah sebagai lambang keberanian. Dengan juga dipadukan motif Burung Hong, melambangkan keberuntungan dan dikenal sebagai ‘burung surga’ yang memiliki rasa semangat ketahanan dan pemberdayaan bagi setiap wanita yang mengenakannya. AHB dalam koleksinya kali ini menggabungkan keanggunan tradisi dengan sentuhan kontemporer sebagai upaya untuk mengajak masyarakat lebih mencintai dan melestarikan warisan batik, terutama batik Pekalongan.

“Batik Pekalongan kaya sekali akan akulturasi budaya, karena dalam sejarahnya banyak pedagang-pedagang dari India, Cina, dan berbagai negara lain yang membawa pengaruh pada motif batik dan juga warna batik Pekalongan. Hal itu yang membuat saya tergerak untuk mengangkut kembali Batik Pekalongan dengan nuansa warna dan penggabungan motif ciri khas AHB,” lanjut Amanda.

AHB dalam rangka Hari Batik Nasional juga berkolaborasi dengan DORE by LeTAO dalam instalasi “The 5 Senses of Batik” untuk memberikan pengalaman multisensori secara mendalam kepada para tamu agar dapat merasakan batik melalui lima panca indera. “Semoga dengan adanya event ini saya dapat mengajak seluruh lapisan generasi, baik yang muda maupun berusia matang, untuk lebih mengenal batik, menghargai batik, dan juga punya rasa bangga memakai batik. Tak bisa dipungkiri batik merupakan budaya bangsa yang harus dilestarikan,” tutup Amanda.