Share
Deretan Fakta Penting Tentang International Women’s Day
Adelia Ayu
08 March 2022

Dirayakan setiap tanggal 8 Maret tiap tahunnya, International Women’s Day merayakan pencapaian yang diraih oleh para wanita dan memperjuangkan gender equality.


International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia merupakan sebuah selebrasi global atas pencapaian para wanita dalam beragam bidang seperti sosial, ekonomi, budaya dan politik. Tidak hanya merayakan pencapaian, hari peringatan ini juga merupakan media perjuangan hak asasi perempuan dan usaha untuk mengakhiri diskriminasi gender yang marak terjadi.

Dalam selebrasinya, International Women’s Day mengadakan sejumlah rally yang dihadiri sejumlah grup pejuang hak perempuan. Empat poin penting dalam hari bersejarah ini adalah merayakan pencapaian para kaum hawa, meningkatkan awareness tentang gender equality, meningkatkan gender parity atau penghapusan diskriminasi gender di beberapa sektor penting dan menyumbangkan dana untuk kampanye bertema perempuan.

Sejarah International Women’s Day sendiri dimulai sejak ratusan tahun lalu. Pada tahun 1908, sejumlah demo terhadap hak perempuan diadakan di New York, Amerika Serikat sebagai bentuk protes terhadap persekusi dan ketimpangan gender yang terjadi. Setahun kemudian, National Woman’s Day pertama diadakan di Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari. Puncak terbentuknya International Women’s Day adalah saat International Conference of Working Women kedua diadakan di Copenhagen, Denmark pada tahun 1910. Peristiwa ini yang membentuk konsep Hari Perempuan Sedunia yang pertama kali diadakan di tahun 1911.

Mengangkat tema #BreakTheBias pada tahun ini, international Women’s Day 2022 fokus terhadap bias yang kerap membuat wanita susah maju dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-harinya. Tidak hanya membatasi ruang gerak wanita, bias dapat mencegah terjadinya sederet perubahan penting yang dapat dilakukan wanita. Hal tersebut yang membuat peringatan spesial ini menjadi kesempatan emas bagi para wanita untuk berjuang menghapus hal tersebut.

Dilambangkan melalui warna ungu, hijau dan putih, International Women’s Day melambangkan keadilan, harapan dan kesucian. Tidak hanya terbatas sebagai sebuah rally yang diadakan para pejuang hak asasi perempuan, hari spesial bagi para wanita ini merupakan selebrasi penting bagi setiap perempuan di dunia untuk memperjuangkan hak dan membuat perubahan positif di dunia.