Share
Demi Gapai Cita-Cita Lestarikan Budaya Indonesia, WBI Foundation Adakan Jagantara 2.0
Yuswialdyth Ardelia Almira
13 March 2023

WBI Foundation adakan acara Jagantara 2.0 dengan mengangkat berbagai kesenian tradisional dan menghadirkan atraksi budaya mancanegara.


Keragamaan budaya Indonesia adalah kekayaan yang sangat bermakna bagi warga Indonesia. Dengan itu, Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation menggagas Jagantara, Jaga Warisan Nusantara, sebagai ruang untuk memiliki kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia. Melalui acara Jagantara, WBI ingin berkontribusi pada kemajuan budaya nasional dengan membangun rasa cinta bangsa Indonesia kepada khususnya kaum muda, dan terus mendukung keberadaan pelaku budaya dan memberi ruang kepada mereka untuk berkarya.

Dalam acara Jagantara 2.0, WBI mengangkat berbagai kesenian tradisional seperti Reog Ponorogo asal Jawa Timur. Di samping itu, acara kesenian ini juga menghadirkan atraksi budaya mancanegara, salah satunya adalah Japan Benten Taiko yang merupakan perwujudan kolaborasi pecinta budaya Indonesia dan Jepang. Tak ketinggalan, Gyobangchum juga dipersembahkan melalui Jagantara, yang mana merupakan tarian tradisional Korea yang biasanya dibawakan oleh penari wanita di Istana. Menjalin silaturahmi kebudayaan merupakan sesuatu yang penting bagi Warisan Budaya Indonesia untuk membuka ruang kolaborasi agar budaya Indonesia dapat semakin mendunia.

Dalam kesempatan ini, Jagantara juga menampilkan artis-artis tersohor Indonesia seperti Dewa 19 dan Mulan Jameela, Reza Artamevia, Titi DJ, Rosa dan Chandra Satria yang dipadukan dengan kemasan yang lebih kekinian, dengan melibatkan GSP Production. Hal ini bertujuan agar musik Indonesia mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan bisa terus diminati oleh generasi muda agar warisan budaya bisa terus dilestraikan dan dikembangkan.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto menyampaikan, “Industri kebudayaan sebagai bagian dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif, dapat menghidupkan penghargaan akan keberagaman budaya yang pada gilirannya meningkatkan semangat inklusif dan saling jaga antar kelompok sosial, serta dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar.”

Founder sekaligus Ketua Umum WBI Foundation Yanti Airlangga menyampaikan bahwa acara ini bertujuan mendorong kaum muda untuk ikut bersama-sama mewariskan budaya bangsa. “Sebisa mungkin, kemana pun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita. Itu sebabnya dalam acara Jagantara 2.0 undangan yang hadir diharapkan menggunakan busana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Agar kekayaan busana tradisional Indonesia mendapat kesempatan untuk semakin dikenal dan dipopulerkan, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia.”

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Jagantara 2.0, Gista Putri Wishnutama menyampaikan bahwa sebagai bagian dari komitmen WBI Foundation untuk terus melestarikan kekayaan budaya Indonesia, WBI menggelar acara Jagantara 2.0. “Kami percaya, pendekatan yang kreatif memegang peran yang penting dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, termasuk menghidupkan kembali budaya Indonesia, serta terus menumbuhkan rasa memiliki khususnya di kalangan generasi muda Indonesia.”

Melalui Jagantara 2.0, Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation berharap nilai-nilai budaya di Indonesia dapat dengan konsisten dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi yang akan datang. Semua ini bagian dari cita-cita WBI agar kekayaan budaya Indonesia dapat menjadi devisa negara dan membawa kesejahteraan bagi para pelaku budaya.