Debut Wearing Klamby, Sukses Hadirkan Koleksi Modestwear di London Fashion Week 2022
Dewi Anggriani Siregar
03 October 2022

Klamby sukses memulai debutnya sebagai brand modest fashion pertama yang tampil di London Fashion Week Spring/Summer 2023.


Setelah resmi digelar di 8 Northumberland Avenue, London pada hari Selasa, 20 September 2022 lalu, Wearing Klamby menghadirkan koleksi SS23 yang terinspirasi oleh Creative Director, warisan Indonesia, Nadine Gaus. Pada kesempatan tersebut, Klamby menampilkan koleksi terbarunya di runway seperti kaftan, dan sekat dengan hiasan rumit dan detail halus yang sangat chic.

“Keragaman Indonesia juga meluas ke berbagai sistem kepercayaan. Kekayaan budaya Indonesia melahirkan begitu banyak karya seni serta fashion. Banyak fashion Indonesia yang terinspirasi dari budaya Indonesia, seperti KLAMBY yang mengangkat Tenun Garut di ajang pekan mode London.” ungkap Desainer, Nadine Gaus.

Koleksi ini terinspirasi dari tekstil tenunan tangan yang berasal dari Jawa bernama Tenun Garut serta Bunga nasional Indonesia, melati, anggrek ngengat, dan rafflesia arnoldii. Simbol-simbol ini mewakili Negara.

Berbagai kain, dikembangkan melalui proses tekstil dengan detail khusus dan tekstur serat alami yang ditenun dengan alat tradisional. Teknik-teknik ini juga digunakan dalam beberapa koleksi yang ditampilkan saat menghiasi catwalk. Setiap proses pengerjaan dijalin menggunakan warna netral klasik yang berani dan menyenangkan sehingga tak lekang oleh waktu.

Pasca berpulangnya Ratu Elizabeth II, Nadine dan tim desainnya bekerja tanpa lelah menciptakan gaun hitam dalam siluet terinspirasi 50-an yang memberi penghormatan kepada sang pemimpin ikonik. Gaun tersebut tampak memukau saat dikenakan oleh influencer dan brand muse, Patricia Gouw.

Ke depannya Klamby berharap dapat terus menginspirasi dunia melalui warisan Indonesia dan menawarkan beragam koleksi menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh perempuan secara global.