Berikut Outfit Inagurasi Presiden ke-46 Amerika Serikat yang Menarik Perhatian

Fashion22 January 2021

By Adelia Ayu

Berikut Outfit Inagurasi Presiden ke-46 Amerika Serikat yang Menarik Perhatian

Selain menjadi momen bersejarah, inagurasi Presiden AS ke-46, Joe Biden, juga menampilkan outfit yang chic, avant-garde dan memiliki nilai sejarah.


Acara inagurasi Presiden dan Wakil Presiden AS, Joe Biden dan Kamala Harris telah sukses digelar pada 21 Januari 2021 kemarin dan berhasil menyedot perhatian global meski diadakan di tengah pandemi. Meski tidak dihadiri oleh Presiden dan Ibu Negara AS ke-45, Donald dan Melania Trump, acara pelantikan Biden dan Harris tetap ramai dihadiri public figure dari kalangan politik dan selebriti seperti Bill Clinton, George W. Bush, Barack Obama, Jennifer Lopez dan Lady Gaga.

Tidak hanya figur berpengaruh, deretan gaya fashion dari para tamu dan juga petinggi negara mampu menyedot perhatian. Tidak hanya terlihat indah dalam warna monokrom sebagai simbol keprihatinan terhadap tragedi yang berlangsung di negara adidaya itu belakangan ini, deretan outfit ini juga menciptakan gebrakan baru melalui dipakainya baju desainer indie di dalam acara nomor satu di Amerika Serikat ini. Mulai dari coat sarat nilai sejarah sampai baju a la film Hunger Games, berikut deretan outfit fabulous di pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris pada Rabu lalu:

Joe Biden dan Jill Biden

Menunjukkan kerendahan hati dan patriotisme, outfit Presiden dan Ibu Negara ke-46 AS, Joe Biden dan Jill Biden tampak sederhana di hari bersejarah ini. Joe memilih suits dari desainer asal Amerika Serikat, Ralph Lauren, sementara sang istri memilih coat biru muda dari label indie Amerika, Markarian. Meski terlihat sederhana, pakaian power couple ini sarat akan pesan penting. Label Ralph Lauren kerap dipakai figur kuat pemerintahan seperti Nancy Reagan dan Hillary Clinton dan label indie merepresentasikan betapa pentingnya semua orang di dalam perubahan Amerika. Melalui outfit-nya, baik Joe dan Jill menyampaikan pesan untuk persatuan dan demokrasi Amerika.

Kamala Harris & Doug Emhoff

Sama seperti sang Presiden, Second Gentlemen yang merupakan suami Harris, Doug Emhoff, memilih double-breasted coat dan suits Ralph Lauren. Berbeda dengan suaminya yang memilih warna monokrom, sang Vice President ke-49 ini memilih warna setelan berwarna ungu tua di hari istimewanya. Selain terlihat vibrant dan chic, Harris juga menyampaikan pesan politik dan rasial penting melalui outift karya Christopher John Rogersnya. Warna ungu merepresentasikan pilihan outfit Shirley Chisholm, wanita kulit hitam pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden yang menginspirasi Harris memulai karier di politik.

Barack Obama & Michelle Obama

Disertai dengan riuh tepuk tangan yang menyambut, pasangan Presiden dan Ibu Negara AS ke-44 ini tampil memukau dan fashionable saat memasuki area pelantikan. Tampil serasi dengan sang suami yang mengenakan long coat hitam, Michelle mengenakan coat dan setelan merah marun karya desainer kulit hitam Sergio Hudson yang pas dengan tubuh tingginya. Outfit Michelle sendiri merupakan homage dari pakaian yang dikenakannya saat melepas jabatan Ibu Negara di tahun 2017. Terkenal sering memakai karya desainer indie asal AS, Michelle selalu mendukung para desainer dan rakyat Amerika untuk terus berkarya.

Ella Emhoff

Anak sambung Kamala Harris yang juga berprofesi sebagai seniman ini berhasil mendapat perhatian publik dan fashionista di seluruh dunia melalui pilihan outfit di hari pelantikan Sang Ibu. Dilabeli CNN.com sebagai ‘The Inauguration Breakout Fashion Star’, Emhoff tampil chic dengan embelished coat dengan aksen kristal dari label Miu Miu yang dipercantik dengan kacamata oversized dan rambut keriting bergaya shaggy. Dengan gaya fashion-nya yang edgy, banyak yang menantikan update fashion dari mahasiswa Parson School of Design sekaligus anak ‘Momala’ ini di masa depan.

Lady Gaga

Bukan Lady Gaga namanya apabila pilihan fashion-nya tidak membuat seluruh mata tertuju kepadanya. Terkenal dengan gaya avant-garde dan haute couture, Gaga memakai jaket biru gelap dan voluminous skirt berwarna merah menyala karya Schiaparelli Haute Couture saat menyanyikan national anthem AS ‘The Star-Spangled Banner’ di acara pelantikan kemarin. Ensemble yang dikreasikan oleh desainer asal Amerika Serikat, Daniel Roseberry ini juga dilengkapi dengan bros burung merpati besar berwarna emas yang melambangkan perdamaian. Dengan outfit haute couture dan tampilan nyentriknya, banyak yang mengaitkan kemiripan Gaga dengan tokoh fashionable Effie Trinket di film series Hunger Games.

Jennifer Lopez

Berbeda dengan outfit ikoniknya yang kerap menonjolkan bentuk tubuh dan berkesan glamor, Jennifer Lopez memilih pakaian sederhana serba tertutup berwarna putih di hari pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris. Mengenakan pantsuit dari Chanel yang dipercantik dengan ruffled blouse dan aksesori serba mutiara, Lopez tampil cantik saat membawakan lagu ‘This Land is Your Land’ milik penyanyi folk, Woody Guthrie. Meski terlihat chic, outfit J-lo kali ini menyimpan pesan penting yaitu kesetaraan perempuan dan sebagai respek terhadap Harris sebagai perempuan keturunan kulit hitam dan Asia pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden AS. Warna putih sering dikaitkan dengan kebangkitan partai perempuan pertama di Amerika Serikat, National Woman’s Party.

Amanda Gorman

Di tengah para politikus dan selebriti ternama yang hadir pada acara inagurasi kemarin, sosok Amanda Gorman berhasil memukau dengan kepiawaiannya berpuisi dan outfit-nya. Tampil dengan coat kuning Prada, headband merah yang dipercantik dengan anting hoop dari Nikos Koulis, penampilan wanita berusia 22 tahun ini mengingatkan publik akan Maya Angelou, perempuan penulis puisi dan aktivis HAM ternama asal AS. Membawakan puisi bertajuk ‘The Hill We Climb’ bernada berjuangan dan perdamaian, Gorman menjadi sosok pembaca puisi termuda di dalam Inagurasi Presiden setelah Angelou dan Robert Frost.