Share
Dany Barca, Make Up Artist Asal Malang yang Menjadi Langganan Selebriti
Dewi Anggriani Siregar
28 March 2022

Make up merupakan salah satu seni merias wajah yang mampu menunjang penampilan siapa saja. Namun, keberadaan make up ini tentu tidak sempurna tanpa sentuhan tangan handal nan profesional dari seorang Make Up Artist (MUA) yang siap membuat tampilan wajah Anda semakin memukau dan memesona.


Adalah Dany Barca, seorang Make Up Artist profesional asal Malang yang telah mengibarkan kiprahnya bahkan hingga mancanegara. Kepiawaiannya dalam merias ini pun sukses membuat dirinya menjadi langganan para selebriti tanah air.

Mengawali karir sebagai seorang photographer dan fashion stylist, Dany Barca mengaku tidak memiliki background sebagai Make Up Artist. Kemampuan ber-make-up ini ia dapatkan dari hasil belajar secara autodidak dan melalui YouTube.

“Dulu tuh karena adek aku model, jadi aku sering nganterin dia show, itu pas SMP. Di situ aku sambil belajar make up, salah satunya juga dari foto. Dari foto itu kita bisa mempelajari dan membanding-bandingkan antara make up satu dan yang lain. Selebihnya aku hanya belajar dari YouTube secara autodidak, karena jaman dulu kan juga mahal ya untuk les-les begitu.”

Dirinya juga mengatakan bahwa hollywood style hingga saat ini masih menjadi kiblatnya dalam ber-make-up. Menurutnya, look hollywood style ini sangat acceptable untuk wajah orang Asia jika dibandingkan dengan Korean Look dan look lainnya.

Dalam ber-make up ia juga harus pandai dalam menyesuaikan bentuk wajah, warna kulit, hingga struktur wajah. Contohnya alis. Alis menjadi salah satu konsen utama Dany Barca dalam merias wajah para client-nya. Sebab alis adalah bingkai wajah. Ia dituntut untuk konsentrasi dan pandai membaca membaca wajah para client serta menentukan make up seperti apa yang sesuai dengan bentuk wajahnya.

Dany Barca juga menceritakan pengalaman seru dan membanggakan ketika ia dihire oleh salah satu brand yang membawanya ke Paris. “Sejauh ini yang paling berkesan sebagai Make Up Artist adalah aku bisa traveling ke manapun. Aku bisa dipanggil ke daerah-daerah di mana mereka tinggal, dan yang terakhir aku bahkan bisa sampai ke luar negeri, Paris. Nggak pernah terbayang di kepalaku kalau aku bisa sampai ke Paris. Kebetulan aku ke Paris dengan salah satu brand yang hire aku full selama di sana, dan ternyata sesampainya di sana aku juga dipanggil untuk makeup-in brand lain, mereka tau kalau aku di Paris.”

Sementara itu, untuk karirnya ini ia berharap agar tahun depan bisa segera pindah ke luar negeri untuk memulai debutnya. Ia juga mengaku bahwa saat ini telah melakukan persiapan seperti sekolah bahasa dan membuat portofolio untuk menyelaraskan taste bermake-up-nya.