Daftar Tanaman Hias Indoor yang Minim Perawatan dan Tidak Mudah Mati
Clara Enocensia
27 March 2022

Adanya tanaman hias di rumah dapat memberi suasana yang lebih segar. Berikut ini rekomendasi tanaman hias yang bisa diletakkan dalam ruangan serta minim perawatan.


Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, kita diharuskan menghabiskan sebagian besar waktu kita dirumah. Oleh sebab itu, kita dapat mengisi waktu luang di rumah dengan kegiatan yang menyenangkan serta dapat mengurangi stress. Salah satunya dengan bercocok tanam.

Namun, sebagian dari kita masih merasa kesulitan dalam merawat tanaman hias agar tetap segar. Banyak yang mengalami kejadian tanaman hias mereka sudah layu atau mati pada beberapa hari atau minggu kemudian.

Sebaiknya pilih tanaman hias yang tidak mudah mati. Tanaman-tanaman hias yang minim perawatan berikut ini juga memiliki keindahan yang sama dengan tanaman hias yang sedang naik daun belakangan ini.

1. Monstera

Terkenal dengan nama janda bolong di kalangan pecinta tanaman hias, monstera memikat hati mereka dengan daun hijaunya yang lebar dan dipenuhi lubang-lubang berukuran seragam di sekujur daunnya. Bentuknya yang unik membuat tanaman ini cukup digemari belakangan ini.

Monstera sendiri tidak perlu terkena sinar matahari langsung secara rutin serta tidak perlu disiram terlalu banyak dan setiap hari, selama kelembapan tanah terjaga. Tidak hanya menjadi dekorasi interior yang elegan, monstera juga memiliki kemampuan menyerap zat-zat berbahaya di udara dan menggantikannya dengan udara bersih.

2. Jade Plant

Tanaman hias jade plant terbilang cukup mudah dalam perawatannya. Hanya membutuhkan air yang cukup, serta pastikan terkena sinar matahari secara langsung agar pertumbuhannya sempurna.

3. Begonia

Tanaman begonia ini penuh warna dan terlihat ceria, dengan daun dekoratif berwarna merah, putih dan perak. Anda hanya perlu menyiramnya 7-10 hari sekali. Untuk hasil terbaik, berikan pupuk cair sebulan sekali agar begonia milik Anda terlihat subur dan sehat.

4. Christmas Cactus

Tanaman hias satu ini tidak bisa terkena sinar matahari yang terlalu terik. Sebaiknya, letakan di jendela rumah dan hadapkan ke arah timur. Jika dirawat dengan baik, warna yang dihasilkan dari Christmas cactus bisa beragam, yakni merah, putih, ungu, pink, serta ungu.