Coba Ikuti 4 Tes Kepribadian Ini Agar Lebih Mengenal Diri Sendiri

Relationship03 September 2021

By Rambu Moara

Coba Ikuti 4 Tes Kepribadian Ini Agar Lebih Mengenal Diri Sendiri

Empat tes kepribadian berikut bisa membantu anda untuk memahami diri sendiri, mulai dari MBTI hingga tes temperamen.


Terkadang sulit untuk kita memahami diri sendiri dan keinginan kita seperti apa. Kerap kali kita merasa bingung dengan berbagai pilihan yang ditawarkan karena tidak bisa menemukan alasan yang tepat mengapa kita harus memilih salah satu pilihan tersebut.

Jika anda sering menghadapi situasi seperti itu, mungkin ini sudah saatnya bagi Anda melakukan tes kepribadian. Tujuan tes ini jelas untuk membantu anda mengenali diri sendiri dari sisi psikologi.

Jenis tes apa saja yang bisa membantu anda mengenali diri sendiri? Berikut empat jenis tes yang sudah HighEnd rangkum bagi Anda.

MBTI Test

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah tes kepribadian yang dikembangkan oleh Myers dan Briggs dengan mengkategorikan kepribadian dalam 16 tipe. Awal mula keberadaan tes ini sebenarnya diinspirasi oleh konsep tipologi yang diciptakan seorang psikoanalis, Carl Jung.

Meski banyak orang menganggap mustahil untuk mengklasifikasi karakter manusia yang kompleks, tetapi tes ini setidaknya dapat merepresentasikan bagaimana Anda mendapatkan energi (Introversion/Extraversion), cara Anda mengobservasi suatu hal (Sensing/Intuition), bagaimana Anda memutuskan satu hal (Thinking/Feeling), hingga pola penanganan pada suatu hal (Perceiving/Judging). Anda dapat melakukan tes ini secara online pada 16personalities.com.

Enneagram Test

Tes ini pertama kali diperkenalkan pada 1950 oleh Oscar Ichazo dan Caludio Naranjo berdasarkan teori 9 (ennea) kepribadian yang dicetuskan oleh G.I. Gurdjieff. Adanya tes ini untuk melihat bagaimana seseorang memandang dirinya dan bagaimana dirinya berbeda dari orang lain.

DISC Test

DISC memiliki kepanjangan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Bentuk tes ini ditemukan oleh seorang psikolog Harvard, Dr. William Moulton Marston, untuk menemukan gambaran bagaimana seseorang bersikap dalam situasi atau lingkungan. Tes ini sering sekali digunakan dalam lingkup dunia kerja, khususnya untuk melihat apakah karakter pelamar sesuai dengan standar perusahaan.

Four Temperaments Test

Tes terakhir bisa anda coba untuk mengetahui kepribadian melalui temperamen anda, apakah anda sanguin, korelis, melankolis, atau plegmatis. Biasanya bentuk temperamen anda dapat dilihat dari dua jenis dengan skor tertinggi.

Kepribadian sanguin adalah tipe orang yang aktif dan sosialis. Koleris dilihat sebagai tipe orang logis, praktis, dan to the point. Orang melankolis adalah tipe lemah lembut dan mencintai tradisi. Sementara plegmatis dilihat sebagai orang yang santai, berjiwa bebas, dan damai. Anda dapat mengikuti tes ini pada situs psychologia.co.