Share
Ciptakan Ruangan yang Nyaman dan Indah dengan Teknik Indirect Lighting
Putrika Annaya Salsabila
23 November 2023

Peran pencahayaan dalam penataan ruangan tidak boleh disepelekan. Salah satunya teknik indirect lighting agar tercipta suasana nyaman dan indah.


Jika Anda mulai bosan dengan penataan ruangan Anda di rumah, atau mungkin Anda merasa penataan ruang Anda kurang nyaman, ketahuilah bahwa jawabannya bukan hanya dengan membeli furnitur baru atau menata ulang keseluruhan ruangan Anda.

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah pemilihan pencahayaan di dalam ruangan tersebut. Salah satu hal penting yang kerap dianggap sepele saat menata ruangan adalah pencahayaan. Maka, jika Anda ingin ruangan Anda lebih terasa nyaman, Anda bisa mencoba teknik pencahayaan tidak langsung atau indirect lighting.

Indirect lighting tidak hanya menciptakan suasana yang hangat, tetapi juga memberikan kesan interior yang lebih luas. Baik sebagai penerangan dari atas atau dari bawah, linier atau tersebar, satu hal pasti: pencahayaan ini meningkatkan keindahan arsitektur.

Selain itu, pencahayaan LED yang kompak menjamin solusi yang hemat energi dan tahan lama.

1. Suasana dan Kenyamanan

Indirect Lighting 1

Indirect lighting sangat ideal sebagai pencahayaan suasana untuk segala jenis interior. Mulai dari desain klasik, modern, hingga gaya organik, baik sebagai pencahayaan dari atas atau dari bawah.

Dengan ini, keindahan arsitektur dari ruangan Anda akan semakin meningkat.

2. Ruang yang Terlihat Lebih Luas

Indirect Lighting 2


Indirect lighting menerangi dinding, langit-langit, dan bahkan lantai dengan gaya. Cahaya yang dipantulkan menciptakan kesan interior yang lebih luas.

Dengan menggunakan warna, Anda dapat menonjolkan elemen pencahayaan dan menekankan keindahan arsitektur. Memilih pencahayaan dengan warna yang sama seperti dinding membuatnya menyatu sepenuhnya dengan ruangan.

3. Pencahayaan Merata tanpa Bayangan

Indirect Lighting 3


Ketika digunakan sebagai pencahayaan linear, indirect lighting memberikan jalur cahaya yang sepenuhnya tanpa bayangan. Hal ini menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan menjamin pencahayaan merata dan tersebar.

4. Kenyamanan Visual yang Meningkat

Indirect Lighting 4


Dalam konteks indirect lighting–dapat Anda tebak dari namanya–sumber cahaya tidak terlihat. Oleh karena itu, Anda tidak akan pernah merasa silau oleh sumber cahaya.

5. Pencahayaan LED Terintegrasi yang Hemat Energi

Indirect Lighting 5


Pencahayaan LED terintegrasi memberikan solusi yang kompak dan hemat energi. Lebih dari itu, pencahayaan LED jauh lebih tahan lama dan ramah lingkungan dibandingkan pencahayaan tradisional.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, indirect lighting tidak hanya menjadi pilihan praktis tetapi juga memberikan sentuhan magis pada setiap ruangan.