Share
Cillian Murphy Raih Penghargaan BAFTA Aktor Terbaik sebagai Tokoh Utama “Oppenheimer”
Putrika Annaya Salsabila
20 February 2024

Memerankan tokoh utama di “Oppenheimer” yang banyak dicintai, Cillian Murphy sukses memenangkan penghargaan aktor terbaik di BAFTA Awards.


Cillian Murphy meraih gelar Aktor Terbaik di acara British Academy of Film and Television Arts (Bafta) Awards yang diselenggarakan di Royal Festival Hall, London. Prestasi ini diperoleh atas penampilannya sebagai tokoh utama di film “Oppenheimer” karya Christopher Nolan, yang juga memenangkan penghargaan sebagai Film Terbaik.

Dengan kemenangan ini, Cillian melanjutkan perjalanannya menuju Oscar dan berpotensi menjadi orang kedua asal Irlandia, serta yang pertama lahir di negara tersebut, yang memenangkan Aktor Terbaik di ajang tersebut. Sebelumnya, Daniel Day-Lewis memenangkan penghargaan tersebut sebagai warga negara Irlandia.

Cillian Murphy BAFTA 1

Pertandingan sengit terjadi antara Cillian dan Barry Keoghan yang dinominasikan untuk “Saltburn” pada malam Minggu di Royal Festival Hall. Acara yang dipandu oleh David Tennant ini menjadi momentum yang membanggakan bagi Cillian, yang sebelumnya meraih penghargaan di Golden Globes dan kini melangkah menuju Screen Actors Guild Awards dengan harapan besar.

Dalam pidato kemenangannya, aktor ini berbicara tentang karakter kompleks “Oppenheimer”, "Oppenheimer adalah karakter yang sangat rumit, dan ia memiliki arti berbeda bagi setiap orang. Monster bagi satu orang bisa menjadi pahlawan bagi orang lain. Itulah mengapa saya suka film, sebagai tempat untuk menyelidiki kompleksitas itu."

Cillian Murphy BAFTA 4

Selain itu, film “Poor Things” karya Yorgos Lanthimos yang diproduksi oleh perusahaan asal Irlandia, Element Pictures, juga meraih kesuksesan dengan Emma Stone memenangkan penghargaan Aktris Terbaik. Film ini juga mendapatkan penghargaan penting lainnya, termasuk desain produksi dan efek visual, membuatnya meraih lima Baftas.

Pemenang lainnya termasuk Robert Downey Jr., yang memenangkan Aktor Pendukung Terbaik untuk film Nolan, dan film “The Zone of Interest” karya Jonathan Glazer yang dinobatkan sebagai Film Britania Terbaik.

Cillian Murphy BAFTA 2

Meskipun “Oppenheimer” memimpin dalam jumlah nominasi dengan tujuh kemenangan, Nolan sendiri juga tidak ketinggalan dan meraih penghargaan sebagai Sutradara Terbaik. Namun, ada beberapa kejutan seperti “Anatomy of a Fall” yang memenangkan Skenario Asli Terbaik, serta “American Fiction” yang mengalahkan “Oppenheimer” dan “Poor Things” dalam kategori Skenario Adaptasi Terbaik.

Bafta 2024 juga menjadi penghormatan bagi Samantha Morton yang menerima fellowship dari akademi. Pada akhir acara, diumumkan bahwa Cillian Murphy menjadi favorit untuk meraih penghargaan Aktor Terbaik di ajang Oscar, tetapi persaingan ketat dijangka dari Paul Giamatti.

Cillian Murphy BAFTA 3

Kedua aktor ini akan bersaing di Screen Actors Guild Awards, dan hasilnya dapat menentukan pemenang akhir pada Dolby Theatre, Hollywood, pada 10 Maret mendatang.