Share
Christina Koch akan Jadi Astronaut Wanita Pertama NASA yang Ikut Misi ke Bulan
Dewi Anggriani Siregar
11 April 2023

Insinyur dan astronaut NASA, Christina Hammock Koch, akan meraih predikat sebagai astronaut perempuan pertama di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang akan mengorbit di Bulan.


Christina Hammock Koch terpilih sebagai astronaut NASA sejak 2013. Dirinya menjabat sebagai insinyur penerbangan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk Ekspedisi 59, 60 dan 61. Penerbangan pertama yang ia lakukan pada 14 Maret 2019 silam dari Kosmodrom Baikonur. Ia terbang menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-12 bersama Kosmonot Roscosmos Alexey Ovchinin dan Astronot NASA Nick Hague.

Kini, wanita berusia 44 tahun tersebut akan menjadi wanita pertama yang mengelilingi bulan bulan bersama 3 astronaut lainnya untuk misi Artemis II NASA lepas landas pada November 2024 mendatang. Ketiga astronaut yang akan terbang bersamanya yakni Reid Wiseman, Victor Glover, Christina Koch, dan Jeremy Hansen dari Badan Antariksa Kanada.

Sebelumnya, wanita asli Michigan ini sudah pernah mengantongi rekor untuk waktu terlama penerbangan tunggal di luar angkasa dengan total 328 hari, dan berpartisipasi dalam spacewalk semua wanita pertama pada tahun 2019.