Share
Chef Chandra Yudasswara Bocorkan Rahasia Tentang Bagian Daging Sapi Terlezat
Clara Enocensia
11 February 2022

Meat Livestock Australia (MLA) kembali hadirkan Intimate Dinner Chef Take Over , sebuah pengalaman dinner yang mengesankan di Nusantara Restaurant, Hotel Mercure, PIK, Jakarta Utara.


Kali ini MLA berkolaborasi dengan Chandra Yudasswara, seorang celebrity chef kenamaan tanah air. Tak hanya itu, Chef Chandra juga berkolaborasi dengan Chef Agus Stiono sebagai Executive Chef di Hotel Mercure dalam menghadirkan sajian istimewa kepada para pengunjung resto.

Untuk menu dinner, Chef Chandra menggunakan bagian topside dari daging sapi Australia sebagai bintang utama. Menurutnya bagian tersebut belum banyak dieksplorasi oleh para chef lain, padahal bagian tersebut memiliki cita rasa yang nikmatnya luar biasa. Penggunaan daging Australia menjadi favoritnya karena teksturnya yang empuk dan juicy.

Saat disajikan, aroma daging pun semerbak memenuhi ruangan, membuat para tamu menjadi tidak sabar untuk segera mencicipinya. Ada tiga sajian main course berbahan daging sapi yang disajikan malam itu, yaitu Pan roasted oyster blade yuzu shoyu onion leeks, Baked zucchini and Carrot cheese souffle. Lalu, Beef sirloin katsu gruyere and Spinach roll mustard cream, dan yang ketiga, Braised topside with forest mushroom and balsamic on parmesan rissoto. Sedangkan untuk dessert, Flexy Ganache hadir dengan berbagai varian rasa.

Chef Agus menggungkapkan kegembiraannya dapat tergabung dalam event ini, sekaligus dapat bertukar ide dan gagasan mengenai kuliner. Menurutnya, proses pengolahan daging Australia lebih cepat daripada daging lokal dan penyajiannya pun bisa dilakukan secara modern maupun klasik.

“Perasaan kami ya sangat senang sekali bisa kolaborasi dengan chef Chandra, celebrity chef dan juga kita dan tim jga bisa tambah ilmu, bisa bertukar pikiran, banyak hal baru yang bisa kita temukan bersama,” tutur Chef Agus, Executive Chef Mercure PIK.


Pada acara MLA Chef Take Over kali ini, para chef bukan hanya berkolaborasi, tetapi sekaligus menjadi lahan edukasi, seperti eksplorasi guna menemukan menu-menu baru dari olahan daging Australia. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Chef Chandra.

Event ini baru aktif diadakan selama setahun. Sejak saat itu, timbulah berbagai kolaborasi dengan beberapa hotel dan restoran. Melalui chef take over, pihak MLA telah memperkenalkan cuts beef dan utilize karakter beef yang berbeda-beda. Sehingga, baik pengolahan dan penyajian daging sapi menjadi lebih bervariasi.

Menurut Chef Chandra, biasanya para chef hanya mengenal sirloin dan tenderloin. Acara MLA Chef Take Over ini juga bermaksud untuk mengajak para chef berkolaborasi membuat kreativitas dengan menggunakan daging Australia yang dikenal dengan kualitas daging terbaiknya.


“Mencoba untuk meningkatkan kreativitas chef-chef dan juga kita supaya bisa mencicipi masakan yang berbeda,” jelas Valeska, Chief Representative Meat and Livestock Australia (MLA) Indonesia.

Daging Australia dikenal dengan kualitas dagingnya yang penuh nutrisi dan telah bersertifikasi halal. Selain itu, daging Australia juga termasuk jenis daging yang mudah diolah. Olahan sederhana dari daging Australia menjadi favorit Chef Chandra, adalah pansion beef yang bisa diolah hanya menggunakan pan dan pastinya bisa Anda coba di rumah.

Chef Chandra juga memberikan beberapa tips saat mengolah daging blade. Salah satunya, tips memotong daging blade yang harus sesuai dengan arahnya. Hal ini dikarenakan daging blade memiliki dua serat, sehingga harus dipotong sesuai dengan alurnya.

Mengolahnya juga mudah, Anda dapat pan fried, pan roast, atau grill. Kembali Chef Chandra tekankan, daging blade adalah good quality beef yang harus dipotong dengan benar dan sesuai dengan alurnya.

Tidak hanya itu, Chef Chandra juga memberikan tips saat mengolah daging topside yang merupakan menu olahan terakhir pada acara intimate dinner kali ini. Menurutnya, mengolah daging topside dengan cara di-pan saja, bisa memberikan cita rasa yang lezat.

Dengan adanya acara MLA Chef Take Over, Chef Agus mengungkapkan bahwa olahan daging Australia yang disajikan hari ini bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja untuk mengolahnya kapanpun dan di manapun.

Inilah kesan dari salah satu food blogger ketika mencicipi hidangan Intimate Dinner , “Hmm, dagingnya bener-bener enak, tender, juicy, perpaduan sempurna dengan yuzu sauce-nya,” ungkap Felix yang merupakan food blogger @kokokuliner saat mencicipi menu pertama, yakni Pan roasted oyster blade yuzu shoyu onion leeks, Baked zucchini and Carrot cheese souffle.

Begitu pun dengan menu yang kedua, Beef sirloin katsu gruyere and Spinach roll mustard cream. Menurut Teddy yang juga seorang food blogger, cita rasanya begitu mengagumkan.

“Wow, it's delicious, beef nya enak banget, tender, and juicy. It's very awesome,” tutur pemilik akun @teddyzelig I Foodioz ini.

“Kalo aku sih justru yang udah simpler is better. Jadi emang nggak terlalu banyak kompleksitas di pengolahannya, karena treatment daging yg udah bagus nggak usah terlalu over,” tuturnya.

Jika Anda penasaran dengan cita rasa dari keempat menu istimewa ini, Anda bisa mencicipinya secara langsung di Mercure PIK. Jangan sampai Anda terlewat, sebab event MLA Chef Take Over hanya berlangsung selama 2 minggu.

Tertarik untuk mencoba daging Australia dari MLA? Anda bisa mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program-program dari True Aussie Beef Indonesia melalui media sosial MLA, seperti Instagram @trueaussieid, YouTube True Aussie Indonesia Official, dan website www.trueaussiebeefandlamb.id. #AussieIt’sJustBetter!