Share
Chanel Spring/Summer 2024: Kebangkitan Warisan Coco Chanel yang Modern
Putrika Annaya Salsabila
10 October 2023

Chanel kembali dengan koleksi Spring/Summer 2024 yang penuh akan warisan Coco Chanel dengan unsur modern yang segar.


Koleksi Chanel Spring/Summer 2024 menandai kebangkitan yang luar biasa dari warisan abadi Coco Chanel, dengan Direktur Kreatif Virginie Viard di puncaknya.

Berbeda dengan pendahulunya, Karl Lagerfeld, yang dikenal karena pertunjukan runway spektakuler, Viard memilih untuk menyoroti pakaian itu sendiri. Dengan koleksi ini, Viard memulai era baru bergaya gadis Prancis yang chic dengan hal-hal baru yang segar.

Chanel SS24 1

Pertunjukan di runway dibuka dengan aroma nostalgia ketika jumpsuit tweed dan maxi dress dengan leher terbuka yang berani dipamerkan di panggung runway. Viard dengan cerdik menghadirkan sensasi pada kain klasik Chanel, sebagai penghormatan terhadap ciri khas jenama ini dalam haute couture.

Ketika koleksi ini dirilis, kejutan menanti para penggemar mode: baju renang yang, pada pandangan pertama, terlihat sederhana. Namun, baju renang ini secara cerdik dijahit untuk meniru tas tangan ikonis Chanel, dengan mulus menggabungkan mode dengan estetika khas Chanel.

Chanel SS24 2

Walaupun representasi ‘DNA’ Chanel melimpah, tapi dengan cara yang cerdik dan halus. Maxi dress bermotif garis-garis dengan warna pink adalah penghormatan yang jelas terhadap kreasi ikonis Coco Chanel sendiri. Kreativitas berani Viard begitu terlihat dengan terry cloth sets asimetris yang mematahkan tradisi, menunjukkan komitmennya untuk memperluas narasi Chanel dan mendorong batasan mode Prancis.

Chanel SS24 3

Saat pertunjukan mendekati akhir, tema transparansi dan motif bunga menjadi fokus utama, memberikan koleksi ini sentuhan yang lembut, feminin, dan modern. Pendekatan Viard bukanlah tentang mengubah roda, melainkan mempertahankan semangat Chanel agar tetap hidup dan menyesuaikannya dengan dunia kontemporer.