Cerita Moza Wahyu Tentang Karir Dan Tantangan Terbesarnya di Dunia Photography

Profile08 October 2021

By Venisa Ruth

Cerita Moza Wahyu Tentang Karir Dan Tantangan Terbesarnya di Dunia Photography

Pada tanggal 24 September 2021, akun Instagram majalah HighEnd mengadakan live bincang-bincang santai HighTea With Highend Bersama Lysia Jessica, Editor-in-chief HighEnd Magazine dengan tema “Man Behind The Lens” dengan narasumber Moza Wahyu.


Moza Wahyu seorang photographer profesional selalu berhasil menunjukkan kebolehannya dalam bekerjasama dengan kalangan artis dalam menghasilkan karya foto yang begitu menarik. Sering terlihat lakukan fashion photoshoot dengan berbagai seleb, ternyata ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Moza untuk mengembangkan passion-nya.

Dalam perbincangan di akun Instagram majalah HighEnd, ia menceritakan bahwa selama ini aktivitas atau kegiatan yang dilakukan cukup lancar tidak ada kendala yang terjadi terutama pada bidang photography. Moza juga mengatakan bahwa biasanya untuk photoshoot dilakukan di studio tetapi karena PPKM ia juga menawarkan untuk photoshoot di rumah klien dengan protokol kesehatan yang ketat.

Moza mengatakan bahwa pandemi saat ini membawa berkah baginya karena pekerjaannya sebagai photographer tidak terhambat sama sekali seperti photoshoot untuk katalog dan lain sebagainya. Menurutnya seorang pekerja seni harus mengeksplor banyak hal untuk menciptakan suatu kreativitas untuk diri sendiri maupun orang lain, karena terkadang banyak pekerja seni yang terpaku pada satu ide dan tidak mengembangkannya.

Latar belakang Moza terjun ke dunia photography adalah pada saat ia bekerja di bidang fashion di sebuah brand ternama di Plaza Indonesia selama 5 tahun dan 2 minggu sekali ia melakukan sesi foto visual merchandise untuk store tempat ia bekerja. Moza menyukai fotografi tetapi memang tidak pernah digali karena menurutnya semua orang bisa berfoto tetapi pada saat ia melakukan fotografi ia merasa senang hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk lebih dalam menggeluti dunia photography. Moza sendiri mengatakan kalau ia sudah menekuni bidang photography selama 10 tahun.

"Karena saya berangkat dari bidang fashion tentu tujuan awalnya adalah, menyalurkan passion saya melalui bidikan camera. Ternyata di apresiasi banyak orang. Jadi intinya tujuan utama saya menyalurkan bakat saya sebagai salah satu penghasilan saya," ungkap Moza

Moza juga mengatakan kalau ia tidak pernah sekolah fotografi dan semua yang dilakukan secara otodidak. Tantangan terbesar Moza sebagai photographer adalah bagaimana ia memberikan atau menampilkan sebuah karya foto yang memuaskan untuk klien. Karena menurut pengalaman pribadi Moza adalah banyak klien tidak percaya diri pada diri sendiri sehingga ia harus menuntun agar kliennya tetap percaya diri.

Moza sendiri sudah banyak melakukan photoshoot bersama majalah HighEnd, salah satunya pada edisi bulan September bersama Gladys. Pada saat itu banyak kejadian menarik pada saat photoshoot bersama Gladys karena Moza mengatakan kalau ia tidak pernah melakukan foto dengan look ala korea sehingga ia banyak belajar untuk menghasilkan foto yang sempurna.

Moza mengatakan tips untuk menjadi photographer yang handal adalah jangan pernah takut menerima kritik dari klien, partner bisnis dan lain-lain. Karena menurutnya jika takut untuk menerima kritik maka kita selalu membandingkan karya kita dengan karya orang lain.