Cerahkan Kulit Kusam Anda dengan Beberapa Tips Berikut Ini
Clara Enocensia
27 February 2022

.Bagi Anda yang memiliki wajah kusam, tidak perlu khawatir lagi, dengan langkah-langkah berikut ini Anda akan dapatkan kulit wajah glowing dan sehat.


Sebagian orang mengalami masalah kulit kusam yang terlihat tak sehat, bahkan dapat menimbulkan flek hitam. Penyebabnya bervariasi, seperti kulit kering, kekurangan vitamin c, terpapar sinar UV tanpa perlindungan, serta kurangnya eksfoliasi. Faktor internal seperti pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur juga dapat memicu kulit menjadi kusam.

Mari simak ulasan berikut untuk mengatasi kulit kusam dan membuat kulit Anda lebih sehat dan berkilau.

1. Menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner wajah, Anda perlu melembapkan wajah menggunakan pelembap atau moisturizer sebagai cara mengatasi wajah kusam.
Gunakan moisturizer sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Penting pula untuk memilih pelembap wajah yang memiliki kandungan SPF dan berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.

2. Eksfoliasi Kulit

Kondisi kulit yang kering adalah penyebab paling umum dari kulit kusam, dan eksfoliasi membuat kulit Anda segar kembali, sehingga dapat menyerap produk skin care dengan lebih baik. Eksfoliasi adalah proses menghilangkan lapisan luar sel kulit mati, sehingga kulit dapat menjadi lebih halus dan bercahaya.

3. Mengoleskan sunscreen atau tabir surya

Cara mengatasi wajah kusam berikutnya adalah rutin mengoleskan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15. Jangan lupa untuk meangaplikasikan kembali setiap beberapa jam agar mendapatkan manfaat yang optimal.

4. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dehidrasi juga bisa berdampak buruk pada kulit, yaitu menurunkan volume aliran darah ke kulit, sehingga membuat kulit kusam, kering, dan gatal. Jika Anda terus-menerus tidak memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh bisa menyebabkan kerusakan kulit yang permanen.