Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Berfungsi dengan Baik

Wellness10 June 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Berfungsi dengan Baik

Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Oleh, karena itu, menjaga kesehatan mata adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik.


Sayangnya kita terkadang lupa dan seringkali mengabaikan kesehatan mata dengan aktivitas-aktivitas yang tanpa kita sadari dapat menurunkan kesehatan mata seperti menatap layar gadget dan laptop terlalu lama, membaca buku dan bermain ponsel dalam keadaan cahaya yang tidak memadai. Untuk itu, Anda mungkin bisa mempraktekkan beberapa cara-cara berikut agar kesehatan mata Anda tetap terjaga dan berfungsi dengan optimal.

Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Mata

Ini merupakan cara mendasar dan paling mudah yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda tinggal membiasakan diri untuk mulai mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid. Semua kandungan-kandungan tersebut merupakan kandungan-kandungan yang baik untuk kesehatan mata. Anda bisa mengonsumsi wortel, jeruk, tomat, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, brokoli, lobak hijau, kacang-kacangan, telur, hingga ikan seperti salmon, tuna, dan sarden.

Gunakan Kacamata Pelindung

Kacamata pelindung sangat penting untuk Anda gunakan baik ketika bepergian ke luar dan melindungi mata dari teriknya sinar matahari ataupun ketika Anda sedang melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda menatap layar laptop dan gadget dalam waktu yang lama.

Istirahatkan Mata

Terlalu lama menatap layar tentu membuat mata Anda kelelahan. Anda perlu mengatasinya dengan jeda istirahat ketika sedang melakukan aktivitas-aktivitas tersebut dengan mengalihkan pandangan Anda setiap 20 menit.

Hindari Rokok

Dilansir dari Halodoc, asap rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

Periksakan Mata secara Rutin

Setidaknya 2 tahun dalam sekali Anda diwajibkan untuk memeriksakan kondisi mata Anda. Ini merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda dan mengetahui secara cepat dan tepat terkait masalah-masalah apa saja yang sedang dialami oleh mata Anda.