Share
Cara Menentukan Tipe Bentuk Tubuh dan Tampil Stylish dengan Outfit yang Sesuai
Dewi Anggriani Siregar
26 March 2022

Anda tentu pernah merasa tidak pede atau tidak cocok ketika mengenakan baju. Bahkan tidak jarang Anda bolak-balik mengganti baju Anda hanya untuk mencari baju mana yang pas.


Seringkali banyak orang yang merasa badan mereka terlalu gemuk atau terlalu kurus dan tidak cocok menggunakan suatu pakaian tertentu. Padahal, hal ini tidak semata-mata dikarenakan hanya karena ukuran berat badan saja, namun juga bentuk tubuh Anda.

Perlu diketahui, bahwa setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Hal ini juga yang memengaruhi bagaimana look sebuah baju apabila dikenakan di tubuh seseorang.

Agar tidak salah dalam memilih jenis baju, Anda juga harus mengenali jenis bentuk tubuh apa yang Anda miliki. Berikut beberapa tips untuk mengetahui bentuk tubuh dan pakaian apa yang harus Anda kenakan.

Bentuk Tubuh Persegi Panjang

Orang yang memiliki bentuk tubuh persegi panjang cenderung memiliki lebar yang sama pada bagian bahu, pinggang dan pinggul yang menyerupai persegi. Jika Anda adalah pemiliki bentuh tubuh persegi panjang ini, sebaiknya Anda menghindari penggunaan baju-baju ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh. Hal tersebut justru akan membuat ukuran tubuh Anda terlihat lebih kecil dan rata. Sebaiknya, Anda menggunakan baju-baju two pieces untuk menyamarkan bentuk tubuh dan memakai baju yang menegaskan area pinggang Anda, misalnya dengan memberi sentuhan belt atau obi belt.

Bentuk Tubuh Pir

Pemilik bentuk tubuh pir biasanya memiliki ukuran pinggul yang besar. Sebaiknya Anda menggunakan bawahan dengan ukuran yang besar dan melebar di bagian bawah untuk menyamarkan bagian pinggul Anda. Anda bisa memadukannya dengan penggunaan baju-baju dengan detail seperti sabrina, lace, dan model lengan yang lebar.

Bentuk Tubuh Apel

Bentuk tubuh apel cenderung memiliki bagian atas tubuh yang besar, namun terlihat kecil di bagian pinggul, kaki, dan paha. Untuk Anda yang memiliki bentuh tubuh apel ini, bisa mengenakan baju apa saja yang tidak memperlihatkan bentuk kaki agar bagian bawah Anda tidak terlihat jauh lebih kecil dari pada bagian atas. Anda bisa mengakalinya dengan penggunaan baju model V neck, atau dress model A-line untuk memberi kesan lekukan pada pinggang. Hindari penggunaan baju ketat seperti celana legging, pensil, dan sebagainya.

Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik

Tipe tubuh segitiga terbalik cenderung memiliki bentuk tubuh bagian atas yang bidang dan atletis, serta pinggul yang rata dan tidak berbentuk. Sebaiknya Anda mengenakan baju atau kemeja yang dapat menyamarkan bentuk bahu Anda yang lebar. Hindari juga penggunaan baju tanpa lengan atau sleeveless.

Bentuk Tubuh Jam Pasir

Jam pasir mungkin bisa dibilang adalah salah satu bentuk tubuh yang paling ideal. Bentuk pinggul, bahu, dan lekuk tubuh yang seimbang membuat para pemilik tubuh dengan bentuk jam pasir lebih gampang untuk memilih jenis baju. Anda mungkin hanya perlu menghindari penggunaan baju yang besar dan kelonggaran karena akan membuat tubuh Anda terlihat besar dan menutupi bentuk lekuk tubuh Anda yang indah.