Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cara Benar Penggunaan Sunscreen Agar Kulit Terjaga dan Terlindungi

Beauty26 April 2022

By Shela Dhamayanti

Cara Benar Penggunaan Sunscreen Agar Kulit Terjaga dan Terlindungi

Sebagai orang Indonesia kita hidup didaerah yang beriklim tropis, hal ini membuat orang-orang harus melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Jika tidak dilindungi, kulit akan menjadi cepat menua dan rentan terkena risiko kanker kulit.


Sunscreen merupakan bagian dari rangkaian perawatan wajah yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan. Selain itu, penting untuk Anda memperhatikan kandungan SPF yang tertera di kemasan. Anda dapat memilih sunscreen yang memiliki minimal SPF 30, karena dapat menghalangi 97% sinar UVB yang menyebabkan kulit gosong terbakar.

Untuk memahami lebih jelas mengenai sunscreen, berikut langkah penggunaan sunscreen yang tepat pada kulit.

1. Gunakan 30 Menit Sebelum Beraktivitas

Sebelum Anda beraktivitas, Anda dapat mengaplikasikan sunscreen ke kulit 30 menit sebelum keluar rumah. Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen membutuhkan waktu cukup lama untuk meresap ke dalam lapisan kulit. Meski di dalam ruangan, Anda juga harus tetap memakai sunscreen dan kondisi kulit akan tetap terjaga.

2. Ulangi Penggunaan Sunscreen

Penggunaan sunscreen tidak hanya sekali saja, Anda perlu mengulangi pemakaian supaya kulit tetap terjaga dengan baik. Akan tetapi, bila Anda sedang menggunakan riasan wajah, Anda dapat menggunakan produk sunscreen spray agar lebih praktis.

3. Sunscreen SPF 30

Sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup untuk melindungi kulit. Banyak orang berpikir bahwa semakin besar jumlah SPF maka akan melindungi kulit. Hal itu salah, justru semakin besar kandungan SPF akan menutup pori-pori dan menimbulkan masalah baru seperti jerawat.

4. Gunakan Setelah Moisturizer

Sunscreen merupakan rangkaian terakhir dalam perawatan. Pastikan Anda sudah menggunakan semua tahapan produk skincare dengan benar, hal ini agar lapisan pelindung kulit semakin kuat dan bisa terjaga.

5. Pakai Sebanyak Dua Jari

The two fingers atau dua jari yakni penggunaan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Ketentuan ini sudah cukup untuk melindungi wajah dan leher dari paparan sinar matahari. Pada pemakaian untuk seluruh tubuh, jumlah sunscreen dapat diukur setara dengan dua sendok makan.

BACA JUGA: Mengenal Manfaat Essence serta Cara Tepat Pemakaiannya