Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cara Benar dalam Menggunakan Sosial Media yang Baik dan Bijak

Relationship06 May 2022

By Shela Dhamayanti

Cara Benar dalam Menggunakan Sosial Media yang Baik dan Bijak

Media sosial menjadi salah satu peranan penting dalam kebutuhan sosial dan komunikasi. Di era globalisasi ini seluruh manusia bisa menerima semua informasi yang ada di dunia secara cepat. Hanya dalam satu genggaman saja, Anda dapat mengakses video atau gambar secara gratis.


Dengan berkembangnya media sosial, semua orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan scrolling. Kecanduan bermain sosial media terjadi di berbagai kalangan usia, dari remaja hingga dewasa. Pada perkembangan juga, sosial media ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan pendapat.

Namun untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media, dengan tidak menyinggung soal SARA dan menyebarkan hoax. Apalagi saat ini, sosial media diawasi oleh Undang-Undang ITE sehingga Anda perlu bijaksana dalam bersosial media.

Menjaga Privasi di Sosial Media

Privasi ini penting sekali untuk dijaga karena saat kita menyebarkan semua informasi tanpa disaring, orang lain dengan mudah akan mengambil data tentang kita. Jangan pernah cantumkan informasi pribadi yang detail.

Membatasi Waktu dalam Menggunakan Sosmed

Semua berawal dari diri sendiri, hal ini perlu diingat bahwa Anda harus menyadari untuk tidak terpaku pada sosial media. Dengan membatasi diri akan memberikan dampak baik bagi diri sendiri karena terkadang sosial media bisa mengganggu pikiran dan perasaan saat berinteraksi terlalu lama.

Hati-hati dalam Mengunggah Konten

Hindari mengunggah konten yang berdampak negatif karena ini juga bisa merusak karir Anda ke depan. Jejak digital tidak akan hilang disaat Anda mengunggah sesuatu yang tidak baik, maka data tersebut otomatis sudah tersebar luas sehingga beberapa orang lain mungkin menyimpan konten tersebut.

Bersikap Skeptis

Ketika ada informasi yang membuat Anda merasa kesal, sebaiknya ditahan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan belum tentu itu semua benar sesuai fakta. Cobalah untuk mencari informasi dari berbagai sumber dan setelah itu Anda bisa menilai secara objektif.

BACA JUGA: Kenali Red Flag Pertanda Bahaya Dalam Sebuah Hubungan, Hati-hati Anda Bisa Terjebak