Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Cara Alami Mengatasi Insomnia dengan Efektif, Tanpa Obat-Obatan

Wellness05 January 2022

By Clara Enocensia

Cara Alami Mengatasi Insomnia dengan Efektif, Tanpa Obat-Obatan

Insomnia tak selalu dapat diatasi dengan konsumsi obat-obatan, berikut cara mengatasi insomnia alami yang bisa Anda coba sendiri.


Insomnia adalah gangguan yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur. Kondisi ini mesti segera diatasi, karena dapat menurunkan kualitas hidup bahkan mempengaruhi kondisi fisik dan mental.

Tak heran, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengatasi insomnia supaya bisa memiliki tidur yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati insomnia secara alami yang bisa Anda coba.

1. Meditasi

Cara mengatasi insomnia secara alami yang pertama adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, namun cara terbaik untuk mengistirahatkan otak Anda setelah menjalani hari yang panjang. Anda bisa mencoba latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh santai dan tetap fokus.

2. Menghirup Wewangian Lavender

Menjelang waktu tidur, letakan minyak esensial lavender sebagai aromaterapi di kamar. Berdasarkan penelitian, para partisipan diminta menghirup aroma lavender (dengan jarak 20 centimeter) dan kemudian minyak tersebut diletakkan di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, partisipan mengaku tidur lebih nyenyak.

3. Minum Teh Chamomile

Konsumsi teh kamomil dapat memberikan efek mengantuk layaknya obat golongan benzodiazepin. Teh jenis ini dinilai memiliki efek penenang dan dapat membantu Anda tertidur lebih lelap di malam hari.

Efek tersebut disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin di otak.