Share
Busana Terbaru Dior Cruise 2021 Hadirkan Makna Budaya di Dalamnya
Rahayu Indah
08 December 2020

Maria Grazia Chiuri, Direktur Kreatif Dior membuat konsep yang baru untuk Cruise 2021 di tengah pandemi. Berbagai nuansa baru hadir dengan konsep yang tradisional, dan menekankan pelestraian kebudayaan dari segi fashion.


Di tengah pandemi 2020, Dior tetap kreatif dengan menghadirkan koleksi pre-collection (Cruise 2021) dan sempat dibumingkan secara daring bulan Juli lalu. Koleksi yang disiarkan secara live streamdi Puglia, Italia menunjukkan peragaan busana dari Dior dengan iringan musik dan tarian sehingga tetap memberikan kesan yang meriah.

Maria Grazia Chiuri, Direktur Kreatif Dior percaya bahwa Cruise 2021 memberikan perspektif yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari dengan menonjolkan kekuatan imajinasi. Narasi yang hadir pada Cruise 2021 secara garis besar ditunjukkan tentang keindahan alam, budaya, dan tradisiyang kemudian diaplikasikan pada gaun, busana, celana. Cruise 2021 dapat mengingatkan pada warisan kehidupan melalui pengajaran dari kerajinan tradisional dengan penuh tanggung jawab.

Salah satunya dapat dilihat dari busana dengan motif Chez Moi yang menonjolkan zodiak atau bintang yang dipercai oleh Chiuri sendiri. Warna yang digunakan adalah warna monochorome yang terdiri dari putih, hitam, dan abu-abu.

Karya yang diterbitkan Dior pada Cruise 2021 selain ituadalah Tombolo. Tombolo adalah renda yang sangat halus yang sudah keluar sejak abad ke-15. Sulaman tombolo ini terbilang hampir punah keberadaannya karena diperlukan ketelitian dalam pembuatannya. Dalam hal tersebut kompleksitas pembuatan yakni mengikat, memelintir, atau mengikat benang sangat bernilai unruk membuat renda tersebutseperti bunga dan kupu-kupu yang hidup. Persiapan ini membutuhkan waktu hingga lima belas jam kerja.

Selain itu, Chiuri memberkan nuansa baru pada Cruise 2021, dengan hadirnya teknik pewarnaan kain celup buatan tangan (tie dye). Nuansa kostum lainnya yang memeriahkan Cruise 2021 hadir dengan berbagai motif, seperti konsep Dior heart in lights yang menonjolkan bentuk hati sebagai icon utamanya.

Dior menciptakan konsep pada Cruise 2021 dengan adanya seni luminaire, yakni lampu-lampu yang menghiasi bangunan dengan indah dan tampil sebagai komponen yang penting. Konsep ini juga membawa Cruise 2021 sebagai desain dan embroidery dengan menunjukkan suasana festival penuh kebahagiaan. Bukan hanya di Italia, Cruise 2021 juga dimeriahkan Dior Indonesia dengan keindahan dekorasi dan pameran setiap busananya yang bisa ditemukan pada butik Dior Indonesia.