Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Bukan Sekadar Minuman, Jamu Merupakan Tradisi Warisan Budaya dan Bagian dari Gaya Hidup

Wellness12 June 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Bukan Sekadar Minuman, Jamu Merupakan Tradisi Warisan Budaya dan Bagian dari Gaya Hidup

Jamu merupakan salah satu minuman tradisional yang terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah dan tumbuhan herbal. Selain memiliki banyak manfaat dan khasiat, jamu merupakan salah satu warisan budaya yang patut kita jaga dan lestarikan.


Pendiri Juara Skincare, Meta Murdaya, percaya bahwa jamu bukanlah sekadar minuman. Jamu merupakan suatu hal yang besar dan jauh dari apa yang kita perkirakan. Mewakili gaya hidup yang sangat holistik, jamu bukan hanya diperuntukkan untuk diri sendiri akan tetapi juga untuk community.

Jika kita berbicara tentang jamu, tentu ada sebuah cerita di baliknya. Pada acara Book Talk Jamu Lifestyle: Jamu is More Important than Ever Today, It's Time to Embrace the Jamu Lifestyle yang diadakan di Pondok Indah Mall 3, tepatnya pada Jumat, 20 Mei 2022 kemarin, Meta Murdaya beserta sederet pembicara lainnya berbagi cerita seputar jamu.

Pembicara-pembicara yang hadir di antaranya Irwan Hidayat dari Sido Muncul, Nova Dewi Setiabudi CEO Suwe Ora Jamu, pakar kuliner William Wongso, musisi Dira Sugandi, dan praktisi jamu modern lainnya.

“Jika sebuah negeri maju, yang tradisional itu justru akan menjadi lebih hebat juga. Ini hanya sebuah indikator yang mencerminkan negeri itu maju atau tidak. Untuk saat ini fokus yang sedang kami kembangkan di Sidomuncul adalah produksi bahan baku.” tutur Irwan Hidayat.

Sementara itu Nova Setiabudi juga mengungkapkan bahwasannya jamu adalah tentang bagaimana kita dapat menikmati dan saling berbagi cerita tentang jamu, “Saya percaya dengan kata-kata yang kental dengan Indonesia, tak kenal maka tak sayang. Edukasi tentang jamu lebih ke how we actually sharing and enjoy jamu, story telling about jamu.” ungkap Nova Dewi Setiabudi selaku CEO dari Suwe Ora Jamu.

Dalam buku tersebut, Meta juga menampilkan beragam masakan, dan bahan perawatan kecantikan serta kesehatan yang terinspirasi oleh jamu. Ia mencoba menjelaskan tiga pilar yang mencakup filosofi kesehatan berbasis jamu dengan cara yang mudah dipahami oleh para pembaca global. Buku ini juga menawarkan cara-cara sederhana untuk mempraktikkan gaya hidup Jamu, yaitu dengan mengejar kesehatan alami melalui pola pikir penuh kegembiraan.

Didesain dengan indah serta dilengkapi foto-foto yang dijepret langsung oleh profesional, buku ini sangat cocok memberikan sebuah pengantar yang menghibur dan dapat dinikmati para pembaca yang ingin menjelajahi lebih banyak tentang budaya jamu di Indonesia. Buku JAMU LIFESTYLE: INDONESIAN HERBAL WELLNESS TRADITION ini bisa Anda dapatkan di Periplus, Kinokuniya, Books and Beyond, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Juarabeauty, Suwe orajamu dan Bika Living.