Share
Bukan Hanya untuk Bibir, Ternyata Lip Gloss Punya Fungsi Lain!
Putrika Annaya Salsabila
19 July 2022

Tahukah Anda, ternyata hanya dengan lip gloss, makeup look Anda bisa terlihat sempurna?


Siapa sangka bahwa tren yang berjaya di tahun ‘90-an ternyata kembali banyak digandrungi sekarang ini? Tidak terkecuali tren lip gloss. Berbagai beauty influencer di media sosial seperti Instagram dan TikTok terlihat memoles bibirnya dengan lip gloss hingga berkilau. Nyatanya, lip gloss memang tidak akan ketinggalan zaman.

Namun, bukan hanya untuk dioleskan di bibir, lip gloss ternyata memiliki banyak fungsi lain. Anda hanya perlu membawa sebuah lip gloss di dalam tas Anda, dan hari Anda pastinya akan terselamatkan. Berikut beberapa kegunaan lip gloss yang multifungsi!

1. Highlighter

Dengan hasil akhirnya yang glossy dan shimmering, maka wajar jika lip gloss bisa dimanfaatkan sebagai highlighter. Bukan hanya itu, dengan cara ini Anda juga akan menghemat uang daripada berinvestasi terlalu banyak untuk highlighter. Bagian terbaiknya adalah lip gloss dengan formula yang cocok akan memberikan hasil yang serupa seperti highlighter pada umumnya.

Untuk hasil yang natural, Anda cukup mengoleskan lip gloss di tulang pipi dan di dekat tulang alis. Kemudian Anda tinggal meratakannya dengan ujung jari atau beauty blender. Jika Anda ingin terlihat lebih halus dan unik, Anda juga bisa mengaplikasikan lip gloss di hidung dan di atas alis.

Namun, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan lip gloss berbasis minyak karena mudah meleleh dan kemudian akan mempengaruhi tampilan riasan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, trik ini lebih ideal jika Anda memilih gaya riasan yang ringan dan minimal. Selain itu, pastikan untuk menggunakan makeup base atau blush on yang berbentuk krim cair atau stik saat Anda mencoba trik ini.

2. Blush On

Apakah Anda lebih menyukai cream blush?Jika ya, maka trik yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Akan lebih baik untuk memilih lip gloss yang menonjolkan warna pink atau peach tipis karena memberikan sapuan warna cantik yang terlihat alami. Sebelum mengaplikasikan, pastikan terlebih dahulu titik tertinggi pada tulang pipi Anda.

Jika sudah, oleskan lip gloss dengan lembut di area tersebut dan ratakan dengan beauty blender untuk hasil akhir yang alami. Cobalah untuk tidak memakai lip gloss di pipi secara berlebihan karena dapat terlihat terlalu dramatis jika dilakukan dengan salah.

3. Eyeshadow

Trik yang satu ini memang sudah banyak digandrungi dan bahkan banyak diterapkan oleh para beauty influencer. Jika Anda sedang kehabisan produk eyeshadow atau mungkin sekedar malas untuk memakainya, cukup sapukan lip gloss di kelopak mata dan Anda akan mendapatkan hasil akhir glossy yang cantik. Selain itu, ini adalah alternatif yang sempurna bagi Anda yang tidak punya liquid eyeshadow.

Satu tips yang penting, pastikan untuk menggunakan lip gloss yang memberikan tekstur balm karena jika tidak, bisa menjadi sangat lengket. Jika Anda ingin membuat tampilan wet makeup look, gunakan ujung jari untuk mengoleskan lip gloss pada kelopak mata. Sangat disarankan juga untuk tidak mengaplikasikan lip gloss secara berlebihan di dekat mata karena dapat menyebabkan iritasi mata.

4. Eyeliner

Jika Anda bukan penggemar berat eyeshadow yang berkilau, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan lip gloss sebagai eyeliner. Untuk membuat mata lebih menonjol, gunakan lip gloss yang memiliki hasil akhir yang berkilauan. Cukup gunakan brush kecil untuk mata dan aplikasikan di dekat garis bulu mata. Jika ingin lebih berani dan bereksperimen, Anda juga bisa memakai beberapa rhinestones atau bahkan glitter sebagai sentuhan akhir.