Share
Broken White Project: Kebun Memori, Sebuah Pameran yang Berefleksi pada Ingatan Masa Lalu
Bunga Revina
19 July 2022

RUCI Art Space menghadirkan Broken White Project: Kebun Memori sebuah pameran yang menampilkan karya dari 6 seniman Indonesia yang diselenggarakan dengan kolaborasi bersama Ace House Collective.


Ruci Art Space bersama Ace House Collective mempersembahkan Broken White Project: Kebun Memori sebagai refleksi yang menuntut ruang hening sepersekian waktu, mengenang, menghayati, dan mempelajari peristiwa masa lalu untuk menumbuhkan momen dan mempertanyakan laku. Dengan membongkar ingatan, para seniman menggali serangkaian cara pandang lain atas pengalaman yang telah lalu.

Disajikan sebagai rangkaian pameran, Broken White Project: Kebun Memori kali ini berfokus pada sejarah personal dan ingatan kolektif sebagai landasan dan jejaring galeri yang berbasis wilayah praktik, dan praktik seni kontemporer sebagai model kerja.

Menampilkan enam seniman dari Jakarta, Jogja, Bandung, yaitu Condro Priyoaji, Gilang Fradika, Hendra Hehe, Sulung Widya, Wisnu Auri, dan Wiyoha Muhardanto. Berorientasi para proses reflektif kerja personal yang terakumulasi dalam karya, keenam seniman ini menghayati setiap benturan dan patahan dalam proses kreatif dan selalu menakar relevansi, urgensi, sekaligus eksistensi dalam kerja-kerja penciptaan. Refleksi ini memberi alternatif cara pandang baru atas pengalaman lama, yang dengannya seniman melakukan ‘riset berbasis seni’ bukan semata ‘seni berbasis riset’.

Pameran ini dapat menjadi jalan bagi kita untuk memberanikan diri berhadapan dengan pengalaman masa lalu. Apa yang dihadirkan seniman adalah materialitas yang memantik kita untuk berdialog lebih intim, perihal pengalaman dan harapan-harapan. Setiap karya menunjukkan bagaimana para seniman melakukan intervensi artistik dan berhadapan dengan ingatan personal maupun kolektif, baik yang bersifat domestik maupun publik. Serangkaian karya yang dihadirkan, menjadi medium untuk mengingat, menemukan kembali, dan menakar identitas individu kita masing-masing sekaligus menemukan cara reflektif untuk menghadapi hari ini.

Anda dapat mengunjungi pameran yang berada di galeri RUCI Art Space, Jl. Melawai VIII No.2A (Lantai 3) berlangsung selama satu bulan mulai dari 15 July - 28 Agustus 2022. Pameran dibuka untuk umum, tidak dipungut biaya, dan tanpa registrasi setiap hari Selasa sampai dengan Minggu pukul 12.00 sampai dengan 18.00.