Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

BRI Private Kenalkan Produk Obligasi Negara Indonesia Seri Terbaru untuk Investasi Awal Tahun

Profile25 January 2022

By Novita Angelina

BRI Private Kenalkan Produk Obligasi Negara Indonesia Seri Terbaru untuk Investasi Awal Tahun

Berkaca dari potensi bisnis Wealth Management di Indonesia yang besar, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat layanan BRI Private. Kali ini, BRI Private kembali meluncurkan produk obligasi negara Indonesia.


Awal tahun selalu dimulai dengan resolusi baru agar dapat diwujudkan di sepanjang tahun ini. Begitu juga dengan investasi, banyak orang yang menjadikan awal tahun sebagai momentum awal untuk memulai investasi. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang tua, tidak sedikit pun orang muda yang mulai berani untuk menginvestasikan pendapatan mereka melalui berbagai instrumen investasi. Salah satu instrumen investasi yang dapat digunakan adalah Obligasi Negara Indonesia.

BRI Private yang merupakan salah satu terobosan BRI untuk terus melayani kepentingan nasabah, khususnya di segmen High Net Worth Individual (HNWI) berhasil melihat peluang ini. Oleh karena itu, di awal tahun ini BRI Private mencoba memperkenalkan salah satu instrumen investasi yang aman dan menguntungkan, yaitu Obligasi Negara Indonesia seri FR dan Obligasi USD Negara Indonesia.

Obligasi Negara Indonesia adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap. Pemerintah dalam hal ini sebagai penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo ditambah dengan kupon yang akan dibayarkan secara berkala. Kupon akan dibayarkan secara periodik setiap 6 (enam) bulan sampai dengan jatuh tempo. Resiko investasi pada produk ini relatif lebih kecil dibandingkan dengan produk investasi lainnya.

Obligasi Negara Indonesia seri FR

Untuk Obligasi Negara Indonesia seri FR (Fixed Rate), BRI Private membagi produk ini ke dalam tiga profil resiko, yaitu Risk Averse, Konservatif, dan Moderate. Untuk produk kategori Risk Averse, BRI Private memasarkan produk FR0066 dan FR0069. Produk ini memiliki fitur perlindungan dan keamanan dengan jangka waktu investasi yang relatif pendek. Untuk produk kategori Konservatif, yaitu FR0053 dan FR0061 memiliki tingkat pengembalian di atas bunga deposito, namun masih dapat memiliki fluktuasi walaupun sangat kecil, cocok untuk nasabah yang memiliki jangka waktu investasi relatif pendek.

Selain itu untuk produk Obligasi Negara Indonesia seri FR (Fixed Rate), kategori Moderate, yaitu FR0056, FR0058, FR0059, FR0062, FR0063, FR0064, FR0065, FR0067, FR0068, FR0070, FR0071, FR0072, FR0073, FR0074, FR0075, dan FR0076, dapat memberikan pendapatan yang sedikit lebih tinggi dengan mempertimbangkan tingkat keamanan yang cukup. Produk-produk tersebut cocok untuk nasabah yang bisa menerima tingkat resiko investasi menengah/moderat dalam jangka waktu investasi menengah hingga panjang.

Bagi Anda yang ingin membeli produk investasi Obligasi Negara Indonesia seri FR ini wajib memiliki KTP yang ber-NIK, dengan pemesanan minimum Rp 100.000.000 (Seratus juta Rupiah) dengan kelipatan Rp 100.000.000 (Seratus juta Rupiah). Selain itu, Anda juga wajib memiliki rekening Britama/Simpedes/Giro BRI atas nama calon investor.

Obligasi USD Negara Indonesia

Produk obligasi lain yang diperkenalkan yaitu Obligasi Negara Valas INDON/INDOIS - Seri Obligasi USD Negara Indonesia. Untuk produk ini, pemerintah menerbitkan surat utang dalam jangka waktu tertentu dalam denominasi USD dengan kupon tetap, berupa INDON dan INDOIS. Untuk obligasi ini, BRI Private membagi produk ini ke dalam dua profil resiko, yaitu Moderat Agresif dan Agresif.

INDON adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya. Sedangkan INDOIS merupakan surat pengakuan utang jangka panjang (di atas 12 bulan) dengan atau tanpa kupon, dalam denominasi valuta asing yang dijamin pembayaran kupon dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.

Untuk tipe resiko Moderat Agresif, BRI Private memperkenalkan INDON 22, INDON 22New, INDON 23, INDON 23New, INDON 24, INDON 25, INDON 25, INDON 26, INDON 27, INDON 27 New, INDON28, INDON23NN, INDON28N. Produk-produk tersebut dapat memberikan pendapatan dan pertumbuhan pokok investasi dalam jangka waktu panjang. Produk-produk kategori ini memiliki fluktuasi yang cukup tinggi dan cocok untuk investor yang bersedia menerima resiko investasi tinggi dan berfluktuasi pada jangka waktu investasi yang panjang.

Untuk tipe risiko Agresif, BRI Private memperkenalkan INDON 42, INDON 43, INDON 44, INDON 45, INDON 46, INDON 47, INDON 47New, INDON 48. Produk tersebut dapat memberikan pertumbuhan pokok investasi yang signifikan. Namun dengan tingginya ekspektasi return, maka fluktuasinya juga sangat tinggi. Produk ini cocok untuk investor yang bersedia untuk menerima resiko investasi tingkat sangat tinggi dan berfluktuasi pada jangka waktu investasi yang panjang.

Bagi Anda yang ingin membeli produk investasi Obligasi USD Negara Indonesia ini wajib memiliki KTP yang ber-NIK, dengan pemesanan minimum USD 50,000 (lima puluh ribu dollar AS) dengan kelipatan USD 1000 (seribu dollar AS). Selain itu, Anda juga wajib memiliki rekening Britama/Simpedes/Giro BRI atas nama calon investor.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut dan tertarik berinvestasi di Obligasi Negara Indonesia, dapat langsung mendatangi BRI Private Signature Outlet atau Sentra Layanan Prioritas BRI terdekat. Info lebih lanjut, klik di sini.