Body Lotion vs Body Butter, Apa Saja Perbedaannya?
Ferrell Sahlah Anfasyah
29 November 2022

Banyak yang belum menyadari bahwa body lotion dan body butter itu ternyata beda. Bagi yang belum tahu apa saja perbedaannya, mari simak artikel berikut.


Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui bahwa body lotion dan body butter memiliki kandungan yang berbeda. Walaupun memiliki manfaat yang sama, yakni untuk melembapkan kulit, tetapi ternyata mereka mengandung konsentrasi yang berbeda. Maka dari itu, Anda perlu memilih produk dengan disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Apa saja perbedaan kandungan body lotion dan body butter, berikut ulasannya.

Body Lotion

Kandungan body lotion didominasi oleh air dan terdapat minyak di dalamnya. Tekstur body lotion ini tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental sehingga sangat ringan jika dioleskan ke atas kulit. Teksturnya yang ringan dan cepat menyerap ini memudahkan Anda untuk mengapply ke seluruh kulit.

Karena kandungannya yang ringan, body lotion dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit. Namun, apabila kulit kalian sangat kering, disarankan untuk menggunakan body butter karena apabila menggunakan body lotion biasanya kalian harus apply secara berkala, namun apabila menggunakan body butter, kalian hanya perlu apply sekali saja setelah mandi dan/atau sebelum tidur.

Body Butter

Body Butter merupakan jenis pelembab tubuh yang paling melembabkan. Teksturnya yang seperti mentega dikarenakan kandungan air yang terdapat dalam body butter sangat sedikit. Di pasaran biasanya body butter mengandung minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun shea butter. Karena kandungan yang lebih berat dari lotion, terkadang body butter dapat memicu alergi pada beberapa orang. Maka dari itu, body butter disarankan dipakai di bagian yang sangat kering saja.