Share
Bintang Film The Shining, Shelley Duvall Meninggal Dunia di Usia 75 Tahun
Dewi Anggriani Siregar
12 July 2024

Shelley Duvall, aktris legendaris yang dikenal melalui perannya dalam film horor klasik “The Shining” (1980), meninggal dunia di Texas pada Kamis (11/7) waktu setempat. Duvall berpulang pada usia 75 tahun setelah berjuang melawan komplikasi diabetes.


Berita duka ini disampaikan oleh kekasih Duvall, Dan Gilroy, dalam sebuah pernyataan resmi. Gilroy menyatakan bahwa Shelley Duvall telah menghadapi berbagai komplikasi terkait penyakit diabetes yang dideritanya sebelum akhirnya meninggal dunia.

Sepanjang kariernya, Shelley Duvall meraih banyak penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan dari Festival Film Cannes berkat penampilannya dalam film “3 Women”. Selain itu, Duvall juga meraih dua nominasi Emmy untuk program bercerita anak-anak di dekade 1990-an. Sebelum meninggal, Duvall sempat muncul dalam sebuah episode acara bincang-bincang "Dr. Phil" dan mengungkapkan bahwa dia tengah berjuang melawan penyakit mental.

Shelley Duvall dikenal luas dalam dunia perfilman berkat peran-perannya yang ikonik dan kontribusinya yang signifikan. Selain “The Shining”, dia juga dikenal melalui film-film yang disutradarai oleh Robert Altman seperti “Brewster McCloud” (1970), “McCabe & Mrs. Miller” (1971), “Thieves Like Us” (1974), dan “3 Women” (1977).

Selain karir aktingnya, Duvall juga menciptakan dan memproduksi acara televisi anak-anak “Faerie Tale Theatre” pada 1980-an, yang menampilkan adaptasi dari cerita-cerita dongeng klasik. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, teman, dan para penggemar yang selalu menghargai karya-karyanya.