Share
Big Ben Berdentang Kembali Setelah Restorasi 4 Tahun
Annisa Indah
04 January 2022

Setelah sekian lama, akhirnya landmark yang ikonik di London ini berdentang kembali.


Empat tahun berlalu semenjak menara jam ikonik Big Ben berdentang karena perbaikan panjang yang dimulai pada 2017 silam. Untungnya, sebagian besar perbaikan tersebut telah selesai bertepatan dengan tahun baru, sehingga bisa turut meramaikan pergantian tahun dengan dentangnya.


Perbaikan panjang yang dilakukan kepada landmark ini merupakan reparasi termahal dalam sejarah 160 tahun jam ini. Biayanya menelan $107 juta, menurut CNN. Selama perbaikan, kru menemukan kerusakan parah pada jam dari kampanye pengeboman Nazi di Perang Dunia II, sehingga menyebabkan diperlukannya tambahan waktu dan dana untuk proyek reparasi tersebut.


Muka jam diperbaiki di Cumbria Clock Company di Lake District, Inggris. Selama restorasi, perusahaan tersebut membersihkan muka jam, mekanisme denting, dan sekitar 1.000 bagian lainnya.


Sebelum momen pentingnya pada malam tahun baru, Big Ben telah melalui ujicoba dentangnya pada tanggal 29 dan 30 Desember. Pada pengenalan resminya pada Malam Tahun Baru, bel berbunyi pada siang hari, jam 4 sore, dan setiap jam mulai jam 9 malam. sampai tengah malam.


Walaupun demikian, perbaikan pada menara jam ini belumlah selesai, sehingga harus dilakukan kembali periode pengujian sebelum kembali ke layanan reguler. Penduduk di sekitar Westminster akan mendengar lonceng Big Ben pada akhir Januari dan berlanjut sepanjang musim semi. Di akhir periode ujian, lonceng akan berbunyi secara teratur dengan melodi "Westminster Quarters" mereka yang terkenal.