Best Look dari Opening Shanghai Fashion Week S/S 2022

Fashion12 October 2021

By Adelia Ayu

Best Look dari Opening Shanghai Fashion Week S/S 2022

Resmi dibuka pada 8 Oktober lalu, Shanghai Fashion Week Spring/Summer 2022 menampilkan koleksi desainer lokal dengan estetika modern.


Hadir kembali secara live, Shanghai Fashion Week (SFW) menampilkan deretan koleksi dari desainer lokal dengan estetika modern. Diadakan dari tanggal 8 – 16 Oktober mendatang, SFW mengangkat tema “The Future is Now” dengan menampilkan 100 desainer, runway shows dan trade shows.

Menampilkan desainer lokal kelas atas seperti Masha Ma, Reineren, Pronounce, Awaylee, Ban Xiaoxue, Zi Li Ce Len, Ricolee dan Yes by Yesir, Shanghai Fashion Week S/S 2022 juga menampilkan desainer baru pemenang award tahun lalu, Yingpei Studio. Berikut adalah rangkuman best look dari opening SFW S/S 2022:

Ruohan

Luxury womenswear brand dari New York, Ruohan, menampilkan koleksi berwarna monokrom di Shanghai Fashion Week kali ini. Sang desainer asal China yang merupakan lulusan Parson School of Design, New York menampilkan pieces beraksen oversized dengan tekhnik layering. Pieces seperti oversized blouse dan outerwear yang dipadukan dengan flared pants menciptakan kesan moderen.

Nan Knits

Terinspirasi dari pemandangan dan suasana Chinatown di malam hari, brand Nan Knits menggabungkan gaya retro, kontemporer dan avant-garde dalam koleksinya. Konsep desain dari koleksi penuh warna ini berasal dari beragam novel fabrics, elemen dekoratif khas Negeri Tirai Bambu, bunga imitasi yang disatukan dengan tekhnologi knitting kelas atas.

Susan Fang

Brand asal London dari desainer lokal, Susan Fang menampilkan koleksi bertema ‘rebirth of self-love’. Menggabungkan banyak spektrum warna dalam kain tulle, Susan memakai bunga mawar dan sayuran tidak layak pakai untuk membuat print abstrak di koleksi terbarunya. Desain koleksi sendiri berbasis pada tekhnik layer kain 3D yang digabungkan dengan jukstaposisi warna dan motif.

Masha Ma

Desainer lokal asal Beijing, Masha Ma, menampilkan koleksi berbasis tekhnik dekonstruksi yang menampilkan “a new way of suiting”. Melalui koleksi terbarunya, Masha menampilkan kesan gender fluid melalui deconstructed draping dengan aksen sharp dan soft. Dengan pieces seperti blazer dengan crochet dan oversized coat beraksen ruffle di bahu, sang desainer berhasil menampilkan sosok wanita mandiri sebagai bentuk dukungan dari kampanye #Metoo.

Istituto Marangoni

Tidak hanya menampilkan koleksi dari desainer papan atas, Shanghai Fashion Week S/S 2022 juga menghadirkan koleksi dari murid fashion Istituto Marangoni. Sekolah fashion yang berbasis di sederet kota besar seperti Milan, Firenze, Paris, London dan Mumbai ini menampilkan koleksi bergaya layering yang terinspirasi dari perjalanan sejarah dan budaya Tiongkok. Menggunakan warna seperti emas, hitam dan biru tua, Istituto Marangoni memberi aksen feminin dengan tambahan ruffle dan kerah cheongsam pada koleksi.

Reineren

Terinspirasi dari karakter kaum muda urban, brand independen Reineren membuka Shanghai Fashion Week S/S 2022 dengan koleksi bernama “Summer Escape”. Menampilkan esensi brand berkarakter modern dengan nonchalant attitude, Reineren menggabungkan unsur multi elemen berwarna hitam dengan palet warna metalik, hijau dan biru laut. Koleksi terbaru Reineren ini juga mendukung sustainability dengan pemakaian lyocell fibre yang ramah lingkungan.