Daftar Bintang Berbusana Terbaik di Venice Film Festival 2020

Fashion04 September 2020

By Larasati Oetomo

Daftar Bintang Berbusana Terbaik di Venice Film Festival 2020

Perhelatan ke-77 dari Venice Film Festival menjadi festival seni internasional pertama yang dilaksanakan secara konvensional di tengah pandemi yang masih berlangsung.


Apabila Cannes, Toronto, dan sejumlah festival film bergengsi lainnya memutuskan untuk mengubah format festival ke arah virtual beberapa bulan lalu, Venice memutuskan untuk tetap menghelat pergelaran film secara konvensional hingga tanggal 12 September mendatang.

Keputusan ini sempat menimbulkan kontroversi di kalangan publik. Dengan mengikuti standar kebersihan dan protokol kesehatan, Venice maju untuk menjadi percontohan bagi industri sinema dalam menghelat acara yang aman dan nyaman bagi semua orang. Begitu pun dari segi fesyen.

Selain untuk sesi foto individual di karpet merah, seluruh tamu, panitia, juri, dan peserta wajib mengenakan masker wajah untuk melindungi diri. Terkait hal ini, kepala dewan juri Cate Blanchett memberi contoh dengan mengenakan masker ketika hadir di hari pertama festival film utama di Italia ini.

Aktor kelahiran Australia ini juga menunjukkan sensitivitasnya akan krisis dan daya beli dengan hanya mengenakan pakaian yang ia miliki di lemari. Ia tidak membeli ataupun menyewa satupun baju baru untuk musim festival tahun ini. Meski demikian, Cate tetap tampil memukau dalam balutan gaun Esteban Cortezar ini.

Terkait masker, aktor dan tamu spesial lain tidak kalah saing untuk menampilkan “masker” modis ketika berjalan di karpet merah.

Penerima penghargaan Golden Lion untuk pencapaian karir di Venice Film Festival tahun ini, Tilda Swinton tampil dengan penutup wajah berbentuk kupu-kupu dan ikan pari yang terlihat amat indah. Topeng tiga dimensi yang terbuat dari brass ini dirancang khusus oleh James Merry. Ia memasangkan aksesoris tersebut dengan coat panjang dari Chanel Haute Couture.

Selain Cate Blanchett dan Tilda Swinton yang menjadi highlights fesyen dari Venice Film Festival 2020, sejumlah selebriti lainnya juga tak kalah memukau dengan gayanya masing-masing. Sebut saja Taylor Hill dalam balutan overall denim-sifon dari Etro, Elodie dengan dress perak berpotongan kaki tinggi dari Atelier Versace, Stacy Martin dalam gaun monokrom Louis Vuitton, hingga—lagi-lagi—Cate Blanchett mengenakan atasan tanpa lengan dari Alexander McQueen.

SEARAH JARUM JAM: STACY MARTIN (LOUIS VUITTON), TAYLOR HILL (ETRO), CATE BLANCHETT (ALEXANDER MCQUEEN), ELODIE (ATELIER VERSACE)