Bersatu dengan Alam sebagai Cara Menjaga Kesehatan Mental
Hamidah Khansa Sabila
11 January 2023

Menjelajahi ruang-ruang alam adalah beberapa kegiatan yang dilakukan kebanyakan orang sebagai bentuk healing yang mampu meningkatkan kesehatan mental seseorang.


Menjelajahi ruang-ruang alam seperti arboretum, hutan, hingga gunung adalah beberapa kegiatan yang dilakukan kebanyakan orang sebagai bentuk healing. Tidak bisa dipungkiri bahwa melihat suasananya yang tenang dan pemandangannya yang indah dapat memberikan perasaan tenang bagi banyak orang. Hal ini didukung dengan beberapa riset dan studi yang telah dilakukan.

Menurut sebuah riset, memiliki kediaman atau tinggal di dekat ruang alam dapat meningkatkan mood, mengurangi stress dan kecemasan hingga meningkatkan kesehatan seseorang.

Dilansir dari Psychology Today, berikut adalah manfaat menyatu dengan alam bagi kesehatan mental.

Mengurangi Kecemasan

Para peneliti mengatakan bahwa menjelajahi alam hijau dapat menurunkan tingkat kecemasan, meningkatkan mood, mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kekuatan memori.

Meningkatkan Kekuatan Memori

Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang sering menjelajahi atau berjalan melalui ruang hijau (alam) dapat lebih fokus dan berkonsentrasi ketika mengerjakan sesuatu dibandingkan dengan orang-orang yang jarang melakukannya.

Meningkatkan Kreativitas

Menurut penelitian, perjalanan atau wisata alam dapat meningkatkan kreativitas, mood, dan daya hidup seseorang.

Menurunkan Gejala Demensia

Menurut studi, ketika pasien-pasien dengan demensia aktif mengikuti kegiatan bertanam, kemampuan kognitifnya meningkat dan perilaku agresif pasien-pasien tersebut berkurang.