Bermanfaat untuk Kesehatan, Berikut Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Matcha
Putrika Annaya Salsabila
22 July 2022

Bukan hanya karena rasanya yang enak dan unik, matcha ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh baik internal maupun eksternal.


Coba lah mengunjungi berbagai kafe dan restoran, maka Anda pasti akan menemukan matcha latte pada menunya. Fenomena ini tentu tidak mengherankan sebab matcha, salah satu jenis dari teh hijau, ini banyak digandrungi orang seolah menjadi tren. Bukan hanya karena terlihat aesthetic untuk diunggah di Instagram, minuman ini nyatanya memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh.

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Matcha memiliki mikronutrien yang berlimpah, terutama yang dikenal sebagai epigallocatechin-3-gallate (EGCG), senyawa tanaman yang dapat memiliki efek kesehatan yang positif. Oleh karena itu, matcha dapat membantu mendukung fungsi sistem kardiovaskular yang sehat. Mulai dari mencegah penumpukan plak, penebalan jaringan jantung, hingga kondisi lain seperti serangan jantung.

2. Kaya akan Antioksidan

Matcha, dan teh hijau pada umumnya, kaya akan zat yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk katekin. Zat antioksidan ini nantinya akan berfungsi untuk menghilangkan molekul jahat dari tubuh dan mengurangi stres oksidatif. Selain itu, flavonoid juga terkandung di dalam matcha yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, memiliki efek antimikroba, serta mencegah kerusakan gigi.

3. Efek Melawan Kanker

Berdasarkan penelitian, ternyata banyak komponen bermanfaat dari matcha yang bersifat anti-kanker. Salah satu penelitian di Cancer Causes & Control yang terdiri dari lebih dari 1.400 orang, menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi risiko kanker perut atau lambung. Bukan hanya itu, katekin dan asam galat yang terkandung dalam matcha juga telah digunakan bersama dengan perawatan kemoterapi dan telah diteliti untuk melihat apakah mereka meningkatkan kemanjuran obat kemoterapi tertentu.

4. Dapat Memacu Penurunan Berat Badan

National Institute for Health menyatakan bahwa teh hijau meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, mengurangi lipogenesis, serta penyerapan lemak sehingga memiliki kemungkinan efek sederhana pada berat badan. Salah satu uji klinis juga pernah dilakukan pada 76 individu yang kelebihan berat badan selama empat bulan dan ditemukan bahwa konsumsi harian teh hijau membantu dalam penurunan berat badan.

5. Untuk Kulit Sehat dan Glowing

Bubuk matcha dan teh hijau bukan hanya baik untuk kondisi internal saja, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan kulit. Matcha dapat membantu regenerasi kulit, penyembuhan luka atau pengobatan kondisi epitel tertentu. Senyawa yang terkandung dalam matcha seperti kafein dan EGCG menjadikan matcha sebagai tambahan yang sempurna untuk rutinitas perawatan kulit Anda dan dapat digunakan sebagai masker wajah sederhana untuk membantu meredakan kemerahan dan memberikan kulit efek glowing cahaya yang sehat.